ARTICLE

Fri - Jan 15, 2021 / 674 / Sunday School

Tips Menyambut dan Memulai Kelas Sekolah Minggu dengan Menyenangkan

Memulai sekolah minggu adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh seorang guru sekolah minggu. Karena kadang kita terlarut dengan rencana ibadah kedepannya, sampai-sampai lupa memperhatikan hal ini. Padahal kalau kita bisa memulainya dengan sukses dan anak menyukainya, maka kelas akan menjadi hidup.

Berikut ini, 5 tips yang bisa kakak lakukan untuk menyambut anak bersama orang tuanya dan memulai sekolah minggu:

Baca juga : 7 TIPS UNTUK GURU SEKOLAH MINGGU YANG MASIH MENGAJAR SECARA ONLINE

  1. Ajarkan salam yang unik

Salam unik ini pernah viral dilakukan oleh guru-guru di berbagai belahan dunia. Apalagi sekarang sedang pandemi, berjabat tangan atau kontak fisik tidak diperbolehkan. Nah kalau sekolah minggu kakak sudah tatap muka (onsite), kakak bisa mengreasikan salam ini dengan berbagai macam cara.

Pilih beberapa cara salam, misalnya menggetarkan badan, membuat tanda love dengan jari, tos dengan lengan, dll. Lalu buatlah gambar kode dari salam tersebut di sebuah karton besar yang diletakkan di depan kelas. Saat anak akan masuk kelas, anak bisa memilih jenis salam yang akan mereka lakukan bersama kakak di depan. Seru banget kaan?

 

  1. Komunikasi dengan orang tua

Beberapa anak biasanya datang ke sekolah minggu dengan orang tuanya. Dan saat orang tuanya datang lebih pagi daripada yang lain, itu berarti mereka cukup bersemangat untuk menitipkan pendidikan anaknya di sekolah minggu.

Nah kakak bisa memanfaatkan hal ini untuk mengenal karakter anak dan orang tuanya. Sapalah mereka, tanyakan kabar, dan tanyakan bagaimana keseharian anak di rumah. Jalin komunikasi yang baik sehingga bisa memastikan perkembangan iman anak juga didukung oleh orang tuanya.

 

  1. Aktivitas pemanasan

Agar anak-anak siap dan merasa nyaman di kelas, kakak bisa melakukan aktivitas pemanasan. Jadi nggak ada salahnya kok kalau kita mengajak anak untuk games atau ice breaking terlebih dulu. Setelah aktivitas selesai, jelaskan kepada anak-anak makna dari aktivitas tersebut yang tentunya berkaitan dengan firman Tuhan yang akan mereka pelajari.

 Baca juga : TIPS MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF DAN EMPATI KEPADA ANAK MELALUI SEKOLAH MINGGU ONLINE

  1. Berikan gambaran pengantar

Sebelum memulai sekolah minggu, kakak bisa memberikan kuis kecil tentang firman yang akan disampaikan nanti. Ajaklah anak berpikir, kira-kira guru sekolah minggu mau mengajarkan tentang apa ya, lalu jelaskan sedikit pelajarannya.

 

  1. Naikkan tingkat pengetahuan anak akan Firman Tuhan

Kakak pernah nggak dengar ada anak yang bilang, “Ah pelajarannya gampang!” atau “Oh, aku mah sudah tahu itu ceritanya, … bosan kak.” Nah daripada jadi pusing anak sudah seakan menolak pelajaran yang akan kakak sampaikan, justru kakak bisa memanfaatkan pendapat anak sebagai jembatan penyampaian firman.

Kakak bisa bertanya, apa saja yang anak ketahui, hal apa saja yang mereka pelajari. Setelah itu kakak bisa menambahkan sesuai materi. Jadi nggak banyak buang waktu kan? Lalu kakak bisa adakan kuis yang jawabannya mungkin anak belum tahu.

 

Nah itu tadi cara yang bisa kakak gunakan untuk memulai sekolah minggu. Kalau kakak mau mendapatkan berbagai macam training guru sekolah minggu, sekolah minggu kakak bisa bergabung dengan klik

GABUNG

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK