ARTICLE

Thu - Jan 14, 2021 / 438 / Sunday School

7 Tips untuk Guru Sekolah Minggu yang Masih Mengajar Secara Online

Kita sudah memasuki tahun 2021, tapi untuk berkumpul pun masih sulit karena adanya pembatasan supaya kasus Covid-19 tidak semakin parah. Otomatis beberapa sekolah minggu pun masih banyak yang belum bisa dilakukan secara tatap muka. Alhasil teknologi pun dipakai. Walaupun sudah berlangsung selama hampir setahun, masih banyak sekolah minggu yang gagap untuk meraih perhatian dari anak-anaknya agar mau bersekolah minggu baik secara online atau ibadah keluarga.

Superbook tahu kok pergumulan kakak-kakak ini. Oleh karena itu, kali ini Superbook mau membantu kakak-kakak semua untuk mempersiapkan sekolah minggu online dengan lebih baik lagi. Berikut beberapa masukan kepada guru-guru sekolah minggu, yang ibadah di gerejanya masih berlangsung secara online atau di rumah:

Baca juga : TIPS MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF DAN EMPATI KEPADA ANAK MELALUI SEKOLAH MINGGU ONLINE

  1. Jangan terlalu lama

Bersekolah minggu secara online atau di rumah saja itu lebih menantang, alias lebih banyak gangguan daripada di kelas sekolah minggu lho. Layar laptop atau handphone dan kondisi sekitar kadang membuat anak cepat terlahir konsentrasinya. Untuk itu, buatlah sekolah minggu dengan durasi yang tidak terlalu lama. Misalkan 15 menit untuk kotbah atau membawakan firman Tuhan, 20 menit untuk pujian dan  doa, dan 10 menit kegiatan pendukung (bisa games atau prakarya).

 

  1. Hindari cara lama

Hindari cara lama dengan hanya bercerita satu arah karena ini akan membuat anak cepat bosan. Kita sebagai guru sekolah minggu harus semakin kreatif membawakan firman Tuhan. Bisa dengan memutarkan video, mengajar dengan slide (sehingga ceritanya bisa ada gambaran), dengan boneka, dll.

 

  1. Realistik

Kita realistik saja. Seberapa banyak sih anak-anak yang ditemani oleh orang tuanya saat sekolah minggu secara online? Mungkin tidak banyak ya. Jadi kalau kakak mau melakukan kegiatan atau games bersama anak-anak, usahakan jangan yang terlalu ribet dan anak bisa melakukannya sendiri, tanpa bantuan orang tua.

 

  1. Maksimalkan penggunaan peralatan

Alih-alih cuma memindahkan ibadah yang biasanya tatap muka (offline) biasanya, akhirnya membuat anak cepat bosan. Kakak tidak perlu terlalu berpatokan dengan ‘sekolah minggu yang biasanya’. Kakak bisa menggunakan pencahayaan yang bagus, green screen disertai latar animasi lucu yang mendukung, gambar menarik, video, dan bahkan bisa tambahkan efek-efek saat menyampaikan firman Tuhan. Tidak perlu pakai peralatan mahal kok, handphone saja sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang mendukung.

 Baca juga : INI ALASAN KENAPA GURU SEKOLAH MINGGU HARUS BEKERJA SAMA DEMI PERKEMBANGAN ANAK

  1. Minta tolong

Kakak kurang mengerti teknologi? Jangan diam dan pasrah ya. Kakak bisa meminta tolong kepada anak remaja atau orang yang mengerti media dan teknologi. Mintalah mereka mengedit video kakak agar lebih menarik misalnya. Atau minta masukan mereka akan sekolah minggu online yang kakak lakukan.

 

  1. Usahakan bisa dua arah

Jika kakak menggunakan aplikasi Zoom, kakak bisa sesekali meminta anak untuk unmute dan membiarkan anak berbicara atau menanggapi. Mintalah mereka juga membuka kamera agar bisa dilihat teman-temannya. Tapi kalau kakak sekolah minggunya berupa video rekaman, saat kakak bertanya, bisa berikan jeda beberapa detik untuk mendapatkan respon anak.

 

  1. Terus belajar

Supaya bisa sukses, kita terus belajar donk. Apalagi untuk sekolah minggu. Agar anak-anak semakin tertarik untuk belajar  firman walaupun secara online, yuk kakak juga terus belajar mengembangkan kemampuan digital serta pemahaman tentang Alkitab kakak ya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK