ARTICLE

Fri - Jan 08, 2021 / 332 / Sunday School

Tips Menumbuhkan Sikap Positif dan Empati Kepada Anak Melalui Sekolah Minggu Online

Di tahun 2021 ini, masih banyak anak-anak yang dihimbau untuk tetap belajar dari rumah atau tidak tatap muka di sekolah. Kondisi ini kurang lebih berpengaruh pada kondisi mental anak-anak karena mereka merindukan belajar bersama, mengobrol bersama teman-teman, dan kegiatan lainnya. Kita sebagai guru sekolah minggu bisa membantu anak-anak untuk tetap bersikap positif dan empati agar mereka tidak larut dalam suasana negatif akibat pandemi ini.

Sikap positif dapat membantu menjaga kesehatan mental kita dan orang-orang di sekitar. Sementara itu, sikap empati dapat membuat kita mampu merasakan emosi orang lain. Kita dapat membayangkan apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Nah kakak bisa bantu anak-anak memiliki kedua sikap ini dengan cara:

Baca juga : PERUMPAMAAN ALKITAB YANG MEMBANTU MENUMBUHKAN IMAN ANAK-ANAK

  1. Mengapresiasi setiap pencapaian mereka

Selain tugas sekolah, kadang pada saat sekolah minggu, kakak juga meminta tolong anak untuk mengerjakan tugas kan? Nah berikan apresiasi kepada anak-anak yang dengan antusias melakukannya. Bisa dengan pujian, kata-kata penyemangat, dll. Dengan begitu, anak-anak semakin bersemangat belajar firman Tuhan dan melakukannya. Apresiasi juga juga akan menimbulkan energy positif pada anak, sehingga mereka semakin kreatif dan inovatif.

 

  1. Sampaikan dengan baik

Saat kakak sedang mengajar, hindari menggunakan kata-kata negatif seperti “jangan”, “tidak boleh”, dll. Gunakan kalimat positif sebagai penggantinya, misalnya “lakukan firman Tuhan dengan baik ya”. Selain itu, sampaikan kata-kata yang tidak menyakiti hati anak.

 Baca juga : INI ALASAN KENAPA GURU SEKOLAH MINGGU HARUS BEKERJA SAMA DEMI PERKEMBANGAN ANAK

  1. Bangun sikap saling tolong menolong

Sikap tolong menolong harus dibangun dan diajarkan dengan anak-anak mempraktekkannya bagi lingkungan sekitarnya. Di situasi sekarang ini, kakak bisa mengajak anak-anak untuk membantu teman atau keluarga temannya yang terdampak. Misalnya ada temannya yang sakit, mereka bisa membantu mempersiapkan makanan atau sembako yang akan dikirim ke rumah temannya.

Semakin semangat ya kakak guru sekolah minggu di tahun yang baru, agar anak-anak juga kerajinan dan ketekukanannya dalam belajar firman Tuhan tidak kendor. Tuhan Yesus memberkati!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK