ARTICLE

Tue - Jul 13, 2021 / 867 / Parenting

Tips Menumbuhkan Semangat dan Motivasi Belajar Anak Sedari Dini

Semua manusia harus belajar selama hidupnya. Dengan belajar, pengetahuan bisa bertambah dan kemampuan pun berkembang. Apalagi anak-anak, masa mereka adalah masa emas untuk banyak belajar. Oleh karena itu, sekolah sangat penting untuk anak-anak dalam meraih masa depan yang lebih baik.

Memotivasi anak untuk bersekolah memang gampang-gampang susah, apalagi di masa pandemi seperti ini. Saat sekolah online, anak lebih mudah terdistraksi kegiatan lain di rumahnya. Entah malah jadi bermain game online, tidak bersungguh-sungguh mendengarkan guru saat belajar, dll. Bahkan kadang orang tua yang tidak sabar jadi geram dengan kelakuan anak dan akhirnya marah-marah. Hal ini malah membuat anak semakin malas lagi sekolah.

Baca juga : BERLATIH MELONTARKAN KATA POSITIF PADA ANAK AGAR MEREKA MAU MENDENGAR KITA

1. Indahnya bisa bertemu dengan teman

Walaupun belum bisa bertemu secara fisik, anak kan masih bisa bertemu secara virtual. Nah kalau sudah bisa tatap muka, Superparents bisa ingatkan anak akan temannya. “Kalau kamu nggak sekolah, nanti Si Naya kesepian lho. Nanti dia main sama sapa donk? Nggak bisa ngobrol asik bareng lagi pas istirahat.”

Ungkapan ini memang sederhana, tapi bisa mengingatkan anak bahwa kehadiran mereka penting di sekolahnya. Kita juga bisa membangun rasa percaya diri anak agar mereka merasa dicintai dan dihargai.

 Baca juga : BAHAYA! LAHIRNYA GENERASI PENAKUT TERNYATA DIMULAI DARI ORANG TUA

2. Jangan biarkan otak anak berhenti berpikir

Hal yang momin sendiri rasakan saat kelamaan cuti dan kembali bekerja adalah mendadak linglung. Hal ini terjadi karena saat cuti atau liburan, otak hanya melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat. Padahal otak anak harus tetap terbiasa berpikir agar saat tahun ajaran baru dimulai, mereka siap belajar dan tidak merasa bahwa sekolah adalah beban.

Superparents bisa memberikan liburan bagi anak yang berisi (bergerak dan berpikir). Misalnya ikut wisata edukatif (bisa secara virtual), membersihkan kebun dan bercocok tanam di rumah, berolah raga bersama, dll.

 

3. Menyediakan perlengkapan sekolah yang memadai

Perlengkapan sekolah sangat penting untuk mendukung mereka belajar. Dengan perlengkapan sekolah yang memadai, anak pasti semangat dan tidak terhambat kegiatan belajarnya. Jika Superparents masih bisa menyediakan perlengkapan sekolah yang memadai untuk anak, sudah sepatutnya kita bersyukur.

Banyak anak di NTT yang saat ini kesulitan mendapatkan perlengkapan sekolah yang memadai karena mereka baru saja kehilangan rumah dan harta bendanya akibat Badai Seroja yang menghantam daerahnya. Anak-anak ini berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehingga mereka harus menggunakan perlengkapan sekolah seadanya untuk belajar.

Ayo kita kembalikan semangat belajar mereka dengan menyediakan perlengkapan sekolah yang memadai! Segera klik dibawah ini.

Beri Semangat Sekolah Anak NTT

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK