ARTICLE

Fri - Jul 09, 2021 / 508 / Parenting

Berlatih Melontarkan Kata Positif Pada Anak Agar Mereka Mau Mendengar Kita

Tidak mudah ternyata untuk menyampaikan komunikasi yang positif ke anak. Apalagi pada saat kita sedang sibuk atau lelah. Bawaannya anak harus mengerti tanpa kita harus menjelaskan dengan panjang lebar. Tapi ya, namanya jadi orang tua memang kita harus panjang sabar sih SuperParents.

Mau tidak mau, supaya anak mau mendengarkan dan menuruti kata orang tuanya, kita harus sabar dan berusaha berbicara positif pada mereka. Berikut ini cara yang bisa Superparents katakan saat berbicara dengan anak:

Baca juga : PENTING! CARA MENDIDIK ANAK UNTUK MENGHADAPI RASA KECEWA DALAM HIDUPNYA!

  1. Tidak perlu merendahkan anak agar mau mendengarkan kita

X – Papa/mama tuh sudah besar, kamu masih kecil. Jadi kamu harus dengerin papa/ mama kalau lagi ngomong ya!

V – Kamu pasti bisa nak!

 

  1. Tidak apa anak mengungkapkan emosinya

Orang dewasa bisa menangis, begitu juga anak yang masih belajar mengontrol emosi. Anak boleh mengungkapkan emosinya, tapi orang tua juga perlu mengarahkan dan mencari solusinya. Misalnya saat menangis atau marah, ajarkan mereka tidak melempar barang. Berfokuslah juga pada solusi. Apakah anak menangis atau tanrum karena lapar, butuh pelukan, mengantuk, dll?

X – Jangan nangis donk, kan sudah besar!

V – Kenapa kamu menangis nak? Mau mama/papa bantu apa?

 Baca juga : BAHAYA! LAHIRNYA GENERASI PENAKUT TERNYATA DIMULAI DARI ORANG TUA

  1. Berikan kata-kata reward/ pujian

Berikan pujian secara spesifik saat anak mampu melakukan hal baik atau pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Kalimat kita menunjukkan bahwa kita peduli padanya, memperhatikan, dan menyukai apa yang mereka lakukan.

X – Good job! V – Wah kakak gambarnya bagus sekali! Semakin pintar memilih paduan warnanya ya.

Nah itu beberapa hal yang bisa Superparents lakukan agar anak mau mendengar dan menurut. Kalau Superparents ingin belajar lebih banyak dan dalam lagi tentang komunikasi dengan anak, yuk ikut acara Webinar Papa Mama Hebat, ‘Menolong Anak Nyaman Terbuka dan Mendengarkan Orang Tua’ pada 10 Juli 2021. Segera daftar sekarang ya parents! Tempat terbatas.

DAFTAR SEKARANG

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK