ARTICLE

Thu - Oct 07, 2021 / 856 / Sunday School

Tips Mengatasi Guru Sekolah Minggu yang Sering Berhalangan Hadir dan Datang Terlambat

Sekolah minggu adalah pelayanan yang penting dalam sebuah gereja. Memang tidak banyak yang menyangka bahwa peran ini begitu penting, karena biasanya orang lebih berpikir bagaimana menyajikan ibadah dewasa dibanding anak. Padahal iman Kristen dimulai dari masa kanak-kanak dan bisa mengakar dengan baik jika guru-guru sekolah minggunya berdedikasi.

Tapi nggak bisa dipungkiri ya kak, ada aja guru sekolah minggu (GSM) yang mendadak berhalangan mengajar atau datang terlambat. Jadi kita yang harusnya tidak bertugas mengajar, ikutan kocar kacir harus siap mengajar dadakan. Momin sendiri pernah mengalami hal ini. Bukan hanya sekali juga lho. Jadi menurut momin, ini yang bisa kakak lakukan.

  1. Tegas dan tegur

Mau nggak mau kita harus tegas ke mereka, apakah masih terpanggil dan bersedia sepenuh hati lagi melayani? Jika ya, maka mereka harus memperbaiki kebiasaan buruknya. Misalnya jika berhalangan melayani, beritahukan team lainnya dan jangan mendadak agar bisa dicari penggantinya. Penggantinya pun punya waktu untuk mempelajari materi, sehingga pelayanan tetap maksimal.

 Baca juga : LAKUKAN 7 HAL INI, DIJAMIN ANAK AKAN RAJIN KE SEKOLAH MINGGU!

  1. Selalu siap

Kita sebagai team pelayan anak, mau tidak mau harus selalu siap. Baik siap materi maupun siap secara mental dan rohani untuk menggantikan GSM lainnya. Jadi nggak ada salahnya kok walaupun kita tidak ikut bertugas, tapi ikut persiapan sekolah minggu.

 

  1. Buat kelompok GSM

Jika GSM di gereja kakak cukup banyak, kakak bisa mengajak mereka membuat kelompok pelayanan. Bisa berisi 3-4 orang guru termasuk pemusik. Sehingga kalau ada salah satu anggota dalam kelompok tersebut berhalangan, anggota kelompok lainnya bisa menggantikannya karena mereka sama-sama ikut dalam persiapan.

 

  1. Evaluasi

Kadang hal penting inilah yang sering terlupakan. Padahal jika kita melakukan evaluasi paling tidak sebulan sekali, kita bisa melihat siapa saja guru yang perlu dimotivasi dan didukung lagi pelayanannya. Nah saat inilah yang paling tepat juga apabila ada kakak guru yang berhalangan mengajar untuk beberapa waktu. Misalnya karena mau konsentrasi sksipsi, kerja keluar kota atau negeri, dll.

 Baca juga : APAKAH SUPERBOOK MENCERITAKAN KISAH SESUAI ALKITAB DAN KENAPA ADA CHRIS, JOY, DAN GIZMO?

  1. Saling support dan mendoakan

Ini juga sering terlupakan. Menjadi GSM memang tidak mudah karena pertanggungjawabannya langsung ke Tuhan. Oleh karena itu, dibutuhkan saling support dan mendoakan satu dengan lainnya agar selalu sehati dalam pelayanan.

Nah itulah tips yang bisa momin berikan. Kakak GSM sendiri apakah sudah melakukannya? Atau justru punya tips lainnya? Boleh nih berikan masukannya untuk GSM lain di kolom komentar. Bagi kakak yang ingin sekolah minggunya menggunakan kurikulum Superbook dan mendapatkan training GSM, kakak bisa segera daftar di bawah ini.

SAYA MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK