ARTICLE

Wed - Dec 15, 2021 / 901 / Inspirational

Ternyata Ini Arti Simbol Karangan Bunga dan Lilin Pada Masa Adven!

Masa Adven adalah masa penantian yang penuh dengan harapan menjelang Natal. Masa dimana kita bisa merenungkan kedatangan Yesus saat Natal. Tradisi dalam Adven ini memang berbeda-beda setiap negara, tapi biasanya pasti ada karangan bunga dan lilin. Penasaran nggak sih sebenarnya Adven itu apa dan kenapa orang Kristen merayakannya sebelum Natal?

Sejarah Adven

Adven berasal dari kata Latin adventus, yang berarti 'datang', yang merupakan terjemahan dari kata Yunani Paraousia. Kebanyakan orang Kristen mengenal Adven sebagai masa penantian akan kelahiran Kristus. Adven dimulai sejak abad ke-4 dan ke-5 sebagai waktu untuk berpuasa dan berdoa bagi orang-orang Kristen. Penyebutan Advent pertama kali terjadi pada tahun 300-an M pada pertemuan para pemimpin gereja yang disebut Konsili Sargossa.

Baca juga : REKOMENDASI TRAVELING YANG AMAN DAN PERALATAN YANG WAJIB DIBAWA SAAT BERLIBUR NATAL

Wreath atau karangan bunga yang ada saat Adven

Apakah kakak sadar, bahwa benda yang biasanya ada saat masa-masa adven itu ada dua, yaitu karangan bunga (wreath) dan lilin? Tahukah kakak bahwa karangan bunga ini mulai digunakan di masa Adven pada tahun 1839 di Jerman. Karangan bunga Adven adalah simbol musim dengan empat lilin menyala melambangkan empat minggu menjelang Natal.

Saat itu seorang pendeta Lutheran yang bekerja untuk sebuah misi untuk anak-anak, menciptakan karangan bunga dari roda gerobak. Dia menempatkan dua puluh lilin merah kecil dan empat lilin putih besar di dalam ring. Lilin merah dinyalakan pada hari kerja dan empat lilin putih dinyalakan pada hari Minggu.

Lilin Adven

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.”(Yohanes 1:4-5)  Cahaya lilin yang berkelap kelip mengingatkan kita akan siapa Yesus. Yesus datang sebagai terang dunia ke dalam dunia kita yang gelap. Sebuah lilin baru dinyalakan setiap minggunya menandakan empat Minggu menjelang Natal.

Sebenarnya setiap lilin memiliki makna yang berbeda, tapi tergantung dari tradisi masing-masing tempat. Namun yang umum empat lilin tersebut melambangkan:

Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG MEMBANTUMU UNTUK BANGKIT DARI KUATIR DAN PUTUS ASA

Lilin pertama : Melambangkan harapan. Para nabi Perjanjian Lama, khususnya Yesaya, menunggu kedatangan Mesias dengan harapan. Lilin ini berwarna ungu yang melambangkan royalti, pertobatan, dan puasa.

Lilin kedua : Melambangkan iman. Mikha telah menubuatkan bahwa Mesias akan lahir di Betlehem, yang juga merupakan tempat kelahiran Raja Daud. Lilin kedua juga berwarna ungu untuk simbolisme raja yang akan datang.

Lilin ketiga : Melambangkan sukacita. Para gembala sangat bersukacita ketika para malaikat mengumumkan bahwa Yesus datang. Dalam liturgi, warna mawar melambangkan kegembiraan. Lilin ini diberi warna pink untuk melambangkan keceriaan dan kegembiraan.

Lilin keempat : Melambangkan kedamaian. Para malaikat membawa kabar bahwa Yesus datang membawa damai. Warna ini juga ungu untuk mewakili puncak cinta melalui Mesias.

Lilin kelima : (opsional) Melambangkan cahaya kemurnian dan kemenangan. Lilin ini biasanya diletakkan di tengah dan dinyalakan pada saat Natal.

Sebenarnya masih banyak tradisi Adven lainnya di berbagai negara yang menarik untuk dibahas. Kita akan membahasnya pada artikel berikutnya. Jika Anda ingin semakin banyak artikel yang bisa memenuhi rasa keingintahuan Anda tentang seluk beluk Kristen, parenting, dan tips sekolah minggu, yuk dukung kami dengan klik link di bawah ini.

Saya Dukung!

Sumber : Crosswalk.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK