ARTICLE

Fri - May 22, 2020 / 1019 / Sunday School

Sekolah Minggu Akan Beroperasi Lagi, Yuk Guru Sekolah Minggu Siapkan 5 Hal Ini!

Walaupun angka orang yang terjangkit Covid-19 semakin bertambah banyak, tapi wacana pemerintah tentang new normal hampir mencapai kata sepakat. Itu artinya mungkin bulan depan, gereja dan sekolah minggu sudah bisa beraktivitas seperti biasa walaupun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan agar tidak terjadi penularan di rumah ibadah.

Oleh karena itu, Superbook mau membantu kakak-kakak guru sekolah Minggu nih agar siap kembali mengajak anak-anak untuk beribadah. Persiapan yang perlu kakak lakukan adalah :

Baca juga : LANGKAH-LANGKAH YANG PERLU DILAKUKAN GEREJA DAN SEKOLAH MINGGU UNTUK KEMBALI BERAKTIVITAS

1. Memberikan kabar ke pihak gereja maupun orang tua

Pihak gereja dan pengurus perlu mengetahui kapan sekolah minggu mulai diadakan kembali. Mayoritas gereja sih biasanya saat kembali beroperasi, sekolah minggunya pun juga ikut beroperasi. Tapi tidak ada salahnya untuk memberitahukan kabar ini agar gereja maupun orang tua bisa lebih mempersiapkan diri.

2. Bersih-bersih ruangan dan peralatan

Setelah hampir tiga bulan tidak beribadah, tentunya ruangan dan peralatan di sekolah minggu mulai kotor dan berdebu. Apalagi seperti gereja mimin nih, yang setiap hari Sabtunya ada penyemprotan disinfektan oleh pemerintah dan sekolah minggunya memakai karpet.

Yuk bersama semua guru sekolah minggu di gereja kakak, bergantian membersihkan ruang ibadah sekolah minggu. Menyapu, membersihkan debu, mencuci karpet, menyetem kembali gitar, dan lainnya.

Baca juga : 5 HAL YANG BISA SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT MASA PANDEMI

3. Mempersiapkan materi dan kegiatan sekolah minggu

Setelah semuanya dalam keadaan bersih, barulah kakak dan guru sekolah minggu lainnya bisa mempersiapkan kembali materi yang akan disampaikan pada saat sekolah minggu nanti. Jangan lupa siapkan juga aktivitas untuk anak-anak ya kak. Pastinya mereka sudah bosan kan terlalu lama di rumah, jadi saatnya mereka bisa belajar firman Tuhan sambil menikmati kegiatan sekolah minggu yang menyenangkan!

sumber : weforum.org

4. Jika memungkinkan, tambahkan ruangan atau jam sekolah minggu diluar kebiasaan

Berhubung virus Covid-19 ini belum sepenuhnya hilang, kita harus tetap membatasi jumlah orang yang berkumpul agar bisa meminimalisasi risiko penularan. Kakak bisa menambah ruangan untuk sekolah minggu, atau bahkan jam ibadah. Jadi setiap 1x jam ibadah misalnya dibatasi hanya 15 orang anak yang bisa bersekolah minggu.

5. Menerapkan protokol Covid-19 sebelum dan saat sekolah minggu berlangsung

Untuk meminimalisasi risiko penularan , kakak juga HARUS menerapkan protokol kesehatan di sekolah minggu kakak. Mulai dari semua anak (dan orang tua jika ikut), guru, dan pemusik menggunakan masker; mencuci tangan lalu melepas alas kaki sebelum masuk ruang ibadah; posisi duduk antar anak berjarak minimal 1 meter; dan jika sakit, sebaiknya anak tidak ikut beribadah bersama dulu.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK