ARTICLE

Thu - May 14, 2020 / 489 / Sunday School

5 Hal Yang Bisa Sekolah Minggu Lakukan Saat Masa Pandemi

Pernahkah kakak berpikir, gereja tidak diperbolehkan ada ibadah di gedung, jadi sekolah minggupun tidak ada? Setelah itu, kakak sebagai guru sekolah minggu tidak melakukan apa-apa untuk anak-anak karena punya keterbatasan juga secara teknologi, atau tidak bisa melakukan ibadah online. Yuk kita singkirkan pemikiran itu mulai dari sekarang.

Peran guru sekolah minggu justru sangat penting di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini! Bukan hanya orang dewasa saja yang butuh dikuatkan dan didoakan lho, anak-anak juga perlu siraman rohani dan bantuan untuk spiritualitasnya. Jadi ini yang bisa kakak lakukan untuk mereka:

  1. Tanyakan kondisi atau keadaan mereka dan keluarganya saat ini

Apakah mereka semua baik dan sehat sampai saat ini? Covid-19 tidak hanya membuat kita terbatas secara fisik untuk bertemu, tapi juga berdampak bagi kondisi finansial maupun emosional orang. Mungkin ada dari anak-anak sekolah minggu kakak yang justru keluarganya membutuhkan bantuan. Kakak bisa menggalang bantuan dari jemaat gereja lainnya untuk saling membantu, bisa berupa sembako, makanan, atau apapun itu.

 Baca juga : JADWAL EFEKTIF UNTUK ORANG TUA SAAT HARUS WFH DAN MENDAMPINGI ANAK SFH

  1. Mendoakan anak-anak

Kakak juga bisa mendoakan mereka agar tetap kuat dan terus berpengharapan kepada Kristus. Selain itu, doakan juga keluarga mereka agar bisa bertahan dalam kondisi seperti ini.

 

  1. Membuat ibadah online

Jika gereja kakak mempunyai peralatan dan kemampuan untuk melakukan ibadah online, kenapa tidak untuk dijalankan. Tinggal bagaimana kakak bisa menyampaikan dengan kreatif dan semenarik mungkin karena nggak mudah lho anak bisa tahan untuk melihat layar laptop atau televisi terlalu lama, dibanding bertemu atau menyampaikan firman Tuhan secara langsung.

 

  1. Pakai Sekolah Minggu Online Superbook

Superbook sendiri punya Sekolah Minggu Online lho yang tayang di Youtube Superbook Indonesia setiap hari Minggu jam 06.45 WIB. Anak tidak hanya diajak untuk memuji Tuhan dan mendengarkan firman lho, tapi mereka juga bisa menghafal ayat serta melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

 Baca juga : 7 CARA PENTING MEMBUAT IBADAH SEKOLAH MINGGU ONLINE YANG MENARIK

  1. Membuat tugas kegiatan untuk belajar firman Tuhan secara seru dan menyenangkan

Guru sekolah minggu tetap bisa kok memberikan kegiatan yang mengasikan dan kreatif disesuaikan dengan firman yang disampaikan. Bisa dengan percobaan ilmiah, keterampilan (mewarnai dan menggambar), dan masih banyak lagi. Kakak bisa menghubungi anak-anak atau orang tuanya untuk memberitahukan hal ini.

Nah itulah 5 hal yang bisa kakak lakukan sebagai guru sekolah minggu di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat dan teruslah menjadi berkat bagi generasi anak di Indonesia!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK