ARTICLE

Thu - Sep 27, 2018 / 488 / Sunday School

Sebelum Memutuskan Mengajar Kelas Batita, Pelajari Perkembangan Alam Pikir Mereka

Mengajar di kelas batita tuh susah karena pengetahuan mereka masih sangat terbatas. Tapi di sinilah letak kebanggaan kita sebagai guru Sekolah Minggu yang membekali anak-anak kecil ini dengan kebenaran firman Tuhan.

Sebagai guru Sekolah Minggu, ada baiknya kita juga mengerti perkembangan alam pikir anak batita agar cara mengajar kita tepat dan mereka paham dengan ajaran kita

1. Daya konsentrasi terbatas

Di usia ini anak belum sanggup berkosentrasi dalam jangka waktu lama. Perhatiannya cepat teralihkan jika ada kegiatan lain. Tetapi asal ceritanya pendek dan tidak lebih dari lima menit, ia bisa menaruh konsentrasi penuh.

Anak batita senang bila cerita itu diceritakan ulang berkali-kali dengan kata-kata yang sama. Ini kesempatan kakak untuk menanamkan cerita Alkitab berulang-ulang agar tertanam di pikirannya.

Baca juga: LAKUKAN 7 TRIK INI KETIKA BERHADAPAN DENGAN ANAK YANG KERAS KEPALA DAN MANJA
TIPS MUDAH MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN KE BALITA

2. Perbendaharaan kata masih sangat sedikit

Riset membuktikan anak usia tiga tahun mengenal kurang lebih 900 kata. Perbendaharaan katanya sebagian besar ialah kata benda. Bentuk kalimat sederhana yang terdiri dari dua-tiga kata saja.

Gunakan kata-kata yang sangat sederhana dan familiar dengan anak di usia ini agar anak bisa mengerti. Kalau kakak memberi ayat hafalan, kakak bisa meringkas kata-katanya asal tidak menghilangkan makna ayat tersebut.

Sumber: Bright Horizons Blogs

3. Belajar melalui panca indera

Karena keterbatasan kosa kata, anak lebih mudah memahami sesuatu melalui panca indera. Ketika anak melihat, mendengar, mencium, merasa, dan meraba, dengan mudah ia dapat mengenal dunia di sekelilingnya. Ia belajar melalui pengalaman langsung.

4. Rasa ingin tahunya tinggi

Ketika melihat suatu benda, pertanyaan yang pertama kali diucapkan adalah “Apa ini?” “Apa itu?”. Hal ini karena rasa ingin tahu mereka sangat tinggi.

Melalui bertanya seorang anak menambah kemampuan pikiran dan pengetahuannya yang juga didorong oleh perkembangan otaknnya. Karena itu kakak harus menjawab pertanyaan-pertanyaannya dengan sabar meskipun harus diulang-ulang.

Baca juga: 7 CARA MUDAH UNTUK GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MEMBANTU ANAK MENERIMA KRISTUS

5. Mulai mengerti mengenai waktu

Anak batita sudah mulai mengerti istilah “kemarin”, “hari ini”, dan “hari esok”. Mereka juga dapat mengingat kejadian-kejadian yang tidak terlalu lama dan berbicara mengenainya.

6. Bisa menghitung dan mulai mengerti angka

Secara bertahap anak batita sudah mulai dapat berhitung sampai sepuluh, tetapi ia hanya dapat menguasai dua atau tiga benda pada permulaan.

Nah, kalau sudah tahu dasar-dasar perkembangan alam pikir anak batita, kakak tidak perlu ragu lagi ajaran kakak dimengerti mereka atau tidak. Bangga kan jadi guru Sekolah Minggu? Aku sih bangga.

Sumber: Bella the teologias

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK