ARTICLE

Wed - Sep 12, 2018 / 6568 / Sunday School

Tips Mudah Mengajarkan Firman Tuhan Ke Balita

Mengajar Sekolah Minggu selalu menyenangkan. Pasalnya, kita dituntut untuk terus kreatif dan nggak kehabisan ide. Jarak usia anak Sekolah Minggu juga menjadi tantangan untuk kakak-kakak dalam mencari metode dan bahan mengajar. Ya kan?

Umumnya, orangtua membawa anak-anaknya untuk masuk ke kelas Sekolah Minggu ketika mereka sudah berusia 6 tahun. Tapi ada juga loh kelas Sekolah Minggu yang dimulai dari usia batita. Nah, untuk batita dan balita, kakak harus menggunakan metode khusus nih. Berikut ini kak Manto memberikan tips super keren yang bisa kakak pakai untuk mengajar kelas kecil.

1. Gunakan bahasa sederhana

Jangan memakai bahasa yang tinggi atau sulit. Gunakan kata yang gampang-gampang saja. Contohnya ketika kakak mau menceritakan tentang kasih Tuhan, kakak bisa menggunakan kata ‘Tuhan Yesus sayang pada kita.’ ‘Mengasihi’ kurang cocok digunakan untuk anak balita karena jarang digunakan. Kata ‘sayang’ lebih familiar karena digunakan sehari-hari.

2. Bawakan kisah Alkitab yang menyenangkan

Jangan menceritakan kisah yang seram-seram ya kak. Anak kecil itu suka berimajinasi. Ia akan membayangkan kisah yang kakak ceritakan di kelas Sekolah Minggu. Kan kasian kalo cerita Alkitab malah bikin anak-anak ketakutan. Ceritakan tentang kebaikan, mujizat, berkat, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

3. Mengajar sambil bermain

Contohnya, ketika kita menceritakan tentang kasih Tuhan, kita bisa mengajak anak menyebutkan siapa saja yang menyayangi dia dimulai dari lingkungan rumah. Bermain adalah kesempatan untuk mengulang-ulang firman Tuhan.

Baca juga: 7 Cara Mudah untuk Guru Sekolah Minggu Dalam Membantu Anak Menerima Kristus

Permainan Sekolah Minggu: Gembalakanlah Domba-Ku

Tips ketiga nggak lengkap dehh kalo tidak disertakan contohnya. Untuk mempermudah kakak memahami tips ketiga, silahkan simak videonya di bawah ini ya. Jangan lupa subscribe channel Youtube dan dapatkan update terbaru mengenai tips guru Sekolah Minggu. Bangga kan jadi guru Sekolah Minggu? Aku sih bangga. Tuhan Yesus memberkati! (HN/CG)

Tips oleh: kak Manto

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK