ARTICLE

Fri - Sep 07, 2018 / 3316 / Sunday School

7 Cara Mudah untuk Guru Sekolah Minggu Dalam Membantu Anak Menerima Kristus

Kebanyakan guru sekolah Minggu beranggapan kalau pelayanan mereka untuk anak-anak itu ada di hari Minggu atau pada saat ada kegiatan sekolah Minggu di gerejanya. Pemahaman itulah yang akhirnya membuat para guru ini jadi tidak begitu mengetahui perkembangan keimanan atau pergumulan anaknya. Sehingga anak kurang terbuka dan lambat untuk menerima “keselamatan”.

Sebenarnya nggak susah kok kakak-kakak. Hanya dengan waktu 4 – 6 menit setiap harinya, kakak bisa membantu mereka semakin mengenal Tuhan Yesus. Memang waktu yang diperlukan setiap anak tidak sama ya, mungkin ada yang lebih lama. Tuhan Yesus sendiri berpesan kepada kita untuk “membiarkan anak-anak agar datang kepada-Nya”, yuk kita menjadi jembatan hubungan yang erat antara anak dengan Tuhannya.

Baca juga : HAFAL 66 KITAB MELALUI PERMAINAN LINGKARAN KITAB

1. Cari tahu lewat respon anak-anak

Tanyakan kepada anak, kenapa mereka datang atau mencari kakak? Anak biasanya datang karena berbagai macam alasan. Misalnya ingin ditemani atau ijin ke toilet, mau hadiah, mau permen, atau bahkan mau didoakan. Tapi jika anak berkata, ia ingin diampuni, ia ingin hatinya bersih kembali, ia ingin mengenal Tuhan Yesus, berarti mereka sudah datang dengan alasan yang tepat.

 

2. Apakah anak menyadari kebutuhan mereka ?

Tanyakan kepada mereka, kenapa mereka membutuhkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat? Apa itu dosa? Beberapa anak memang akan kesulitan dalam menjawabnya. Kalau mereka tidak bisa menjawab, jangan dipaksa. Ajak mereka membaca Roma 3: 23 dan jelaskan tentang mengapa Tuhan Yesus turun kedunia dan disalib.

 

Sumber : sendthefire.ca

3. Apakah anak tahu tentang keselamatan?

Tanyakan kepada mereka, apa yang Tuhan Yesus lakukan untukmu? Anak harus mampu untuk menyampaikan definisi sederhananya untuk menjawab pertanyaan ini. Contohnya Tuhan Yesus datang ke dunia untuk menebus dosa kita semua di kayu salib. Ia kemudian bangkit. Kalau anak masih ragu dan malu-malu, coba yuk kakak ajak membaca I Korintus 15: 3-4.

 Baca juga: BACALAH 5 AYAT ALKITAB INI KETIKA KAMU SEDIH DAN KECEWA DENGAN ANAK-ANAK

4. Apakah anak siap untuk menerima Kristus?

Baca dan jelaskan ayat dari Yohanes 3:16, Yohanes 1:12, dan Kisah para rasul 16: 31. Kemudian tanyakan kepada mereka, maukah kamu menerima Tuhan Yesus? Jika tidak, tidak apa-apa. Katakan agar kembali kepada kakak kalau mereka sudah siap. Jika ya, doakan anak tersebut.

 

5. Jaminan keselamatan

Apa yang sudah Tuhan Yesus lakukan untuk menyelamatkan kita? Kamu tahu darimana? (arahkan anak untuk menjawab kalau Tuhan sudah menjelaskan melalui firman-Nya. Kemudian bacalah Ibrani 13: 5b-6a. Bantu mereka agar mengerti kalau Tuhan tidak akan pernah meninggalkan mereka dan selalu membantu apapun masalahmu.

 

Sumber: raisingchildren.lk

6. Memotivasi perkembangan spiritual mereka

Jelaskan kepada mereka untuk mengakui dosa-dosanya sesuai 1 Yohanes 1:9, berdoa, dan patuh pada perintah-Nya. Ajak anak agar rajin datang beribadah dan ke sekolah Minggu.

 

7. Mengucap syukur

Pernahkah kakak mengajarkan anak untuk berdoa mengucap syukur? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang, berdoa bersama mereka. Mengucap syukurlah dalam segala sesuatu. Dan jangan lupa tularkan ini kepada orang tua mereka juga, agar anak tidak hanya mengucap syukur saja saat di sekolah Minggu, tapi kapan saja dan dimana saja.

KLIK DI BAWAH UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK