ARTICLE

Fri - Feb 21, 2020 / 1078 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #7 – DILEMA MENGURUS ANAK YANG AKTIF SAAT IBADAH

Ketika ibadah, apa sih yang paling sering membuat kita kerepotan? Pasti, banyak kakak sekolah Minggu yang akan menjawab “Mengurus anak-anak saat ibadah”. Ya, anak-anak sangat suka bertingkah semaunya ketika ibadah, dan itu kadang membuat kita repot. Terlebih, kalau dia sangat aktif.

Terus, gimana sih cara jitu supaya kita bisa mengurus anak-anak ketika ibadah, agar ibadah pun tetap nyaman dan anak-anak menikmati ibadah? Berikut ini caranya.

Baca juga: 5 TRIK KEREN MEMPERSIAPKAN MATERI UNTUK SEKOLAH MINGGU

  1. Ajak anak-anak terlibat dalam ibadah

Anak-anak itu mudah bosan. Jadi, ketika ibadah hanya sekedar bernyanyi, anak-anak tidak diajak bergerak, dan ketika Firman dibagikan, kakak tidak berinteraksi dengan anak, bisa dipastikan mereka akan bosan. Efeknya, mereka bisa mengobrol dengan temannya atau mereka asik bermain sendiri.

  1. Maksimalkan peran kakak sekolah Minggu

Mungkin, yang kita tahu, peran kakak sekolah Minggu hanya sekedar ikut ibadah, memperhatikan anak-anak, dan selesai. Ternyata tidak sesimpel itu kak. Kakak punya peran besar bagi anak, karena kakak bebas interaksi dengan anak ketika ibadah. Itulah fungsinya. Kakak bisa ajari anak menyembah, ajak anak bergerak ketika lagu dinyanyikan.

Bahkan, kakak sangat dibutuhkan ketika ada anak yang super aktif. Untuk kasus ini, usahakan kakak yang sudah berpengalaman dan sabar untuk mengurusnya. Jangan percayakan kakak yang masih baru, karena dia pasti akan pusing kak. Ternyata, peran kakak sekolah Minggu itu besar sekali ya.

  1. Gunakan alat bantu

Bagi pembawa firman, ini penting banget. Tidak semua anak mau mendengarkan firman Tuhan dengan tenang. Jadi, kita harus bisa menarik perhatian mereka sebelum firman dibagikan. Karena itu, peran alat bantu itu penting. Contohnya seperti boneka, buku cerita, atau video Superbook looh.

Baca juga: INILAH KEADAAN DAN TANTANGAN GEREJA MENGENALKAN KEBENARAN DI JAMAN SEKARANG!

Ternyata, untuk mengurus anak-anak ketika ibadah itu bisa loh. Beberapa cara tersebut bisa kakak praktekkan di sekolah Minggu kakak di minggu ini. Bagaimanapun, melayani generasi anak adalah hal yang penting. Jadi, jangan main-main ya kak. Sampai jumpa di seri #SerbaSerbiPelayanSekolahMinggu selanjutnya.

 

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK