ARTICLE

Fri - Feb 21, 2020 / 6454 / Sunday School

5 Trik Keren Mempersiapkan Materi untuk Sekolah Minggu

Masih ada saja lho guru sekolah Minggu yang tidak mempersiapkan sekolah Minggunya sebelum mengajar. Ada pula yang baru mempersiapkan sehari sebelumnya. Wah kak, kalau begitu bagaimana sekolah Minggu bisa berkembang dan semakin berdampak bagi anak-anak yang hadir? Memang tantangan dalam mempersiapkan itu banyak sih, tapi nggak ada salahnya kita mulai belajar untuk melakukannya.

Mengajar sekolah Minggu memang sangat menyenangkan, tapi juga kadang bikin frustasi ya kak. Belum mulai persiapan sudah menghadapi :

Baca juga : Wed - Feb 19, 2020 / 980 / Sunday School TIPS AGAR KELAS BALITA DI SEKOLAH MINGGU KAKAK MENJADI SERU DAN MENYENANGKAN!

1.Sulit menemukan jadwal persiapan

Jadwal keseharian kita yang sangat padat, karena beberapa guru sekolah Minggu ada juga yang masih sekolah, kuliah, bahkan bekerja sehingga sulit menemukan jadwal persiapan yang pas.

2. Anak layar

Tantangan lainnya adalah menghadapi anak-anak yang sudah terbiasa hidup dengan ‘layar’ alias televisi dan smartphone.

3. Belum ada pelatihan

Ada beberapa gereja yang belum menyediakan pelatihan formal untuk mempersiapkan bahan sekolah Minggu.

Tapi jangan khawatir kak. Ternyata ada lho penyelesaian dari ketiga tantangan di atas. Karena kemampuan terbaik kakak adalah untuk menyediakan waktu.Dan dengan pelatihan yang tepat, siapa saja mampu menjadi guru sekolah Minggu lho! Jadi yuk kita lihat bagaimana mempersiapkan sekolah Minggu.

1. Alkitab

Firman Tuhan itu hidup dan kuat. Jadi jika kita mengajarkan firman Tuhan secara akurat dan dengan kasih, maka bisa saja mengubah hidup anak yang kita ajar. Memang tidak mudah saat kita terbagi fokus antara membuat kelas menjadi menyenangkan lewat permainan dan aktivitas dengan menyampaikan firman Tuhan. Namun kalau kita menggabungkan keduanya, yaitu menyampaikan firman melalui kegiatan praktis, maka anak bisa dengan mudah mengerti lalu mengaplikasikannya ke kehidupan mereka.

 

2. Menggunakan cerita atau kisah

Ehmm… hayo siapa yang ketika menyampaikan firman Tuhan langsung mengajarkan apa yang boleh dan tidak dilakukan oleh anak dalam kehidupannya? Nah kak, kita kembali bahwa Alkitab sendiri bisa dilihat sebagai buku cerita yang menarik untuk anak.

Alkitab mengisahkan tentang pelayanan Tuhan dan rasul-Nya, pelajaran tentang kasih, dan berbagai tokoh lainnya. Dan pusat dari semua cerita Alkitab itu adalah Tuhan Yesus itu sendiri. Jika kakak ingin sekolah Minggu kakak lebih efektif, gunakan firman layaknya cerita tentang kasih Tuhan yang luar biasa dalam sejarah.

 

3. Yuk berdiskusi

Ketika Tuhan Yesus memuridkan orang-orang, Ia akan bertanya beberapa pertanyaan lalu mendengarkan jawaban mereka. Gaya tanya jawab ini adalah cara terbaik untuk membantu anak belajar dan juga alat yang kuat agar mereka seakan terlibat dalam pelayanan kakak. Melalui cara ini, anak yang sudah tertanam dengan firman Tuhan mulai berubah, dari penonton saja menjadi pengambil bagian. Bukannya kita senang sekali ya kalau anak aktif di sekolah Minggu.

 Baca juga : GEREJA DARURAT PEMIMPIN GENERASI ANAK?! INI 5 TIPS MUDAH LAHIRKAN 5 PEMIMPIN GENERASI ANAK

4. Kreatif

Anak-anak suka belajar dengan berbagai macam cara. Inilah yang menjadi tantangan bagi kakak untuk mempersiapkan sekolah Minggu sekreatif mungkin sesuai. Kita sudah lakukan bagian 1-3 dengan lancar, tapi jika belum didukung cara yang kreatif rasanya masih kurang powerful ya kak. Kakak bisa lho menggunakan kurikulum Superbook yang dibuat sedemikian rupa kreatifnya supaya cara mengajar kita tidak membosankan.

Atau jika kakak ingin lebih kreatif lagi, kakak bisa membuat labirin Alkitab, permainan puzzle, menggambar dan mewarnai, serta berbagai permainan lainnya.

 

5. Bawa pulang

Anak-anak sudah bisa menyimak firman Tuhan, mereka enjoy dengan sekolah Minggu yang diadakan, tapi kita tidak boleh melupakan satu hal penting lainnya, yaitu mereka membawanya pulang lalu mempraktikkannya. Superbook sendiri punya cara yang unik agar anak selalu mengingat firman yang telah disampaikan di sekolah Minggu, yaitu dengan Super Ayat dan Catatan Gizmo.

Melalui keduanya, anak-anak bisa membagikan firman Tuhan kepada keluarganya dan membahas bersama apa yang sudah ia dapatkan di sekolah Minggu. Anak bisa hafal dengan ayat hafalan karena diingat menggunakan ‘gaya’, lalu mereka bisa mempunyai rangkuman firman karena ada Catatan Gizmo yang berperan seperti pekerjaan rumah.

Jadi bagaimana kak? Sudah bisa mempersiapkan sekolah Minggu dengan lebih matang? Yuk teruskan pelayanan kakak dan jadilah ‘rasul’ bagi generasi selanjutnya.

GABUNG

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK