ARTICLE

Thu - Feb 20, 2020 / 2015 / Inspirational

INILAH KEADAAN DAN TANTANGAN GEREJA MENGENALKAN KEBENARAN DI JAMAN SEKARANG!

“Saat-saat ini, gereja melumpuhkan jemaat untuk menjadi saksi bagi dunia” kata Pdt. Andreas Nawawi, saat Superbook kedatangan beliau 17 Januari 2020 lalu. Gereja sulit untuk berdampak karena gereja membatasi jemaat untuk menjadi dampak. Itulah salah satu tantangan gereja 10 tahun mendatang.

Sebagai pelayan Tuhan, apalagi pelayan generasi anak, kita harus kuat dalam menghadapi tantangan dan guncangan. Namun, sebelum kita belajar bagaimana menghadapi guncangan di 10 tahun mendatang, kita harus tahu terlebih dahulu loh, bagaimana sih keadaan gereja hari ini? Berikut ini apa yang disampaikan oleh beliau.

Baca juga: 5 KARAKTER GENERASI YANG MENJADI TANTANGAN SERIUS GEREJA MASA KINI!

  1. Gereja tidak berkembang

Menurut riset dari Barna, gereja, bukan hanya di Indonesia, tapi di dunia, tidak mengalami perkembangan. Bahkan, banyak sekali jemaat yang bertambah karena mereka pindah daerah, bukan berpindah keyakinan.

Tidak sampai disitu, salah satu pertumbuhan jemaat terbesar pun adalah karena perpindahan jemaat dari satu gereja ke gereja lain. Miris, tapi itu kenyataannya kak.

  1. Gereja gagal dalam pemuridan

Ini dia, penyebab terbesar dalam tidak berkembangnya gereja. Gereja melumpuhkan jemaat untuk menjadi saksi dan memuridkan. Dengan apa? Tidak adanya pemuridan di dalam gereja. Gereja terlalu sibuk dengan ibadah, liturgi, acara, tapi lupa esensi terpenting pelayan, yaitu memuridkan orang menjadi serupa dengan Kristus.

Untuk bisa memuridkan, tidak hanya butuh acara, tapi juga butuh membangun hubungan loh kak. Kadang, kita suka lupa menjadi saksi di luar, bangun hubungan dan pengaruh di sekitar kita, karena kita terlalu sibuk dengan acara kegerejaan. Yuk, mulai semangat lagi memuridkan.

  1. Gereja sedang dipersiapkan untuk kembali berfungsi

Dibalik semua masalah itu, ada satu hal yang sedang Tuhan siapkan kak. Tuhan ingin gereja kembali berfungsi. Berfungsi sebagai apa? Tempat dimana semua pemulihan dan pengenalan akan Tuhan terjadi. Pertanyaannya, bagaimana cara mempersiapkannya? Goncangan.

Semakin hari, akan semakin banyak guncangan terjadi di banyak sektor. Mulai dari bidang ekonomi, sosial, kesehatan, bahkan keagamaan, guncangan akan semakin kuat. Dengan guncangan, gereja bisa menjadi tempat dimana INJIL  diberitakan dan KRISTUS dipermuliakan kak.

Baca juga: TIPS AGAR KELAS BALITA DI SEKOLAH MINGGU KAKAK MENJADI SERU DAN MENYENANGKAN!

Untuk mempersiapkan itu, Superbook mengadakan program Discipleship Journey, bersama dengan gereja lokal, untuk mempersiapkan 10.000 anak menjadi pemimpin cilik yang siap melayani, memuridkan dan bertumbuh dengan menolong orang lain bertumbuh.

Generasi anak adalah masa depan bangsa! Bersama Discipleship Journey, kita siapkan generasi anak menjadi pemimpin dari sekarang! Karena, kalau bukan sekarang, kapan lagi? Jadilah bagian dari program Discipleship Journey dan saksi lahirnya banyak pemimpin cilik bagi generasi anak!

KLIK TULISAN INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT TENTANG DISCIPLESHIP JOURNEY

KLIK TULISAN INI UNTUK DUKUNG DISCIPLESHIP JOURNEY

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK