ARTICLE

Wed - Jul 31, 2019 / 575 / Inspirational

Pesan Bagi Para Guru Sekolah Minggu : Menjadi Pemimpinnya Para Pemimpin

Butuh kepekaan dan pengaruh, itulah kriteria seorang pemimpin. Dalam 2 Tawarikh 28:12-13, kita bisa melihat wibawa kepemimpinan dari Bani Efraim dalam menghadapi orang-orang yang pulang berperang dan membawa tawanan.

Kepemimpinan berarti berbicara tentang pengaruh. Sudahkah kita memiliki pengaruh kepada orang yang kita pimpin? Sama dengan pelayanan anak. Pelayanan ini membutuhkan kredibilitas tinggi, semangat membara dan hati yang lembut. Kredibilitas berbicara tentang kepercayaan, semangat tentang sikap dan tindakan, sedangkan kelembutan tentang kasih.

Baca juga: HATI SEORANG PELAYAN

Pemenuhan kebutuhan anak sendiri akan tercapai apabila kita memperhatikan kredibilitas, semangat, dan hati yang lembut. Pasang surut emosi anak bisa kita tangani jika kita tegas dalam bertindak. Komunikasi yang disampaikan pun juga harus tepat karena keduanya akan membentuk nilai-nilai kredibilitas.

Saya telah menjumpai banyak permasalahan dalam setiap pelayanan di Papua, khususnya Jayapura. Tapi ini bukan berarti halangan bagi hati yang sudah siap dan berkobar. Dalam pelayanan di dunia anak, kita seperti mendapatkan kado yang tidak kita ketahui isinya. Kita hanya bisa berdoa dan melakukan yang terbaik, entah apa isi yang kita dapatkan.

Kado diibaratkan generasi anak di masa depan. Kehidupan mereka selanjutnya akan ditentukan di tangan kita sebagai guru sekolah Minggu. Tuhan telah menitipkannya kepada kita agar bisa dibentuk menjadi pemimpinnya para pemimpin. Ajarkan mereka untuk mengasihi Tuhan, mencintai Firman Tuhan, dan menghidupinya. Selain itu tugas kita adalah untuk mengarahkan mereka dengan memberikan keteladanan sesuai kebenaran Firman Tuhan.

Pemimpin memang tidak dilahirkan secara instan, tapi setiap orang mempunyai kapasitas untuk itu. Pemimpin besar lahir dari proses dan pembentukan yang terkadang menyakitkan. Tidak semua bisa bertahan dan hanya orang yang berjiwa pemimpin yang bisa menjadi pemenang.

Baca juga : APA KATA ALKITAB TENTANG PERLINDUNGAN ANAK?

Ingat bahwa Tuhan akan membuka jalan, sehingga semua halangan dan rintangan akan disingkirkan-Nya. Generasi anak dan masa depan gereja ada di tangan para guru sekolah Minggu. Tugas kita adalah menanamkan benih-benih kebenaran agar mereka bisa bisa menghasilkan generasi yang lebih baik. Jadilah pahlawan perubahan, catat, dan camkan dalam sejarah hidup kita.

Selamat berkarya para guru sekolah Minggu di seluruh Indonesia. Buatlah wajah anak-anak berseri karena mereka telah mengenal kasih Tuhan dan dapat mengamalkannya. Tuhan Yesus memberkati setiap pelayanan kita semua.

Bagi kakak yang sekolah Minggunya belum bergabung dengan Superbook, kami sedang membuka pendaftaran untuk angkatan baru untuk bulan September 2019 ini. Nah kakak bisa mendaftarkan sekolah Minggu dan Superbook akan membantu melayani gereja kakak dengan berbagai materi gratis, pelatihan, dan masih banyak lagi. Yuk segera klik link DAFTAR di bawah ini.

DAFTAR SEKOLAH MINGGU

Liana M. Tapalahwene

Fasilitator Superbook - Jayapura
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK