ARTICLE

Thu - Jul 11, 2019 / 905 / Inspirational

Apa Kata Alkitab Tentang Perlindungan Anak?

Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan AllahMarkus 10: 14. Melihat ayat ini kita jadi bertanya-tanya ya, kenapa sih Tuhan sampai segitunya sama anak-anak? Bahkan di ayat berikutnya disebutkan bahwa kita sebaiknya menyambut “Kerajaan Allah sama seperti anak kecil”. Anak-anak tampak begitu spesial di mata Allah, sehingga kita yang dewasa harus meneladaninya.

Lalu siapa yang disebut anak-anak? Menurut UU RI No. 35 tahun 2014, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun termaksud anak yang masih dalam kandungan. Dalam undang-undang yang sama dijelaskan bahwa perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Baca juga : APA KATA ALKITAB TENTANG ANAK-ANAK DAN BAGAIMANA KITA MENYIKAPINYA?

Anak-anak secara negara punya hak yang sama seperti masyarakat dewasa lainnya. Alkitab pun juga tidak mengesampingkan peran anak-anak. Contohnya lebih dari 100 kata “anak” digunakan, dan banyak kisah di Alkitab yang melibatkan anak-anak didalamnya.

Tapi sayangnya banyak juga kisah di Alkitab yang menceritakan tentang pengabaikan dan eksploitasi anak di masa itu.  Seperti yang dikisahkan di :

  • Disita atau digadai karena miskin (Ayub 24:9)
  • Lapar dan telanjang (Ayub 24:10)
  • Trafficking dan pelacuran (Yoel 3:3)
  • Penyalahgunaan (Amos 2:7)
  • Mengorbankan anak (Yeremia 32: 35)

Baca juga : ANAK MAU NONTON DETECTIVE PIKACHU? SUPERPARENTS KENALI DULU KONTENNYA DISINI

Padahal Allah punya harapan kepada orang dewasa agar kita :

  1. Sebagai orangtua harus melatih dan mendidik anak-anak.
    • Amsal 6:20
    • Amsal 22:6
    • Ulangan 6:7
  2. Orang dewasa harus mengasihi, menghormati, dan menyambut anak-anak (Matius 19: 13-14).

Susah bagi kita untuk melindungi anak-anak kalau cara pandang kita tidak benar. Melindungi anak sudah pasti melayani anak, tapi melayani anak belum tentu melindungi anak. Mari bergandengan tangan bersama mewujudnyatakan generasi anak yang mengasihi Tuhan, mencintai firman Tuhan dan misioner.

Sudirman Simanjuntak

Fasilitator Superbook - Serdang Bedagai
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK