ARTICLE

Tue - Aug 03, 2021 / 327 / Parenting

Pelajaran Tentang Kasih yang Wajib Kita Ajarkan Kepada Anak

Ada banyak definisi tentang kasih. Kita sendiri diajarkan oleh Tuhan untuk saling mengasihi, bahkan untuk semua orang termasuk musuh kita. Pernah nggak sih Superparents bertanya, jadi definisi kasih yang harus saya ajarkan kepada anak menurut pandangan Tuhan itu seperti apa ya?

Nah seperti yang disebutkan dalam Alkitab, kita bisa mengajarkan kepada anak definisi kasih itu:

  1. Kasih adalah perintah

Tuhan memerintahkan kita supaya saling mengasihi. “Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya.” (2 Yohanes 1: 6a)

Anak-anak bisanya masih dalam tahap belajar mengelola dan mengontrol emosi. Bayangkan gimana kalau Tuhan harus memerintahkan seorang anak kecil yang nangis supaya tiba-tiba senang. Katanya, “Aku perintahkan kau senang.”

Sekalipun Tuhan punya kuasa melakukan hal itu, Dia ingin kita sebagai orang tua mampu mengajarkan anak untuk belajar mengasihi orang lain. Karena Tuhan sudah lebih dulu mengasihi mereka. Itulah perintah-Nya.

 Baca juga : 4 HAL YANG HARUS DIJELASKAN KEPADA ANAK AGAR MEREKA MAU BELAJAR BERDOA

  1. Kasih adalah pilihan

Di 1 Korintus 14: 1 dikatakan, “Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.”

‘Mengejar’ artinya kita membuat pilihan. Arahkan anak untuk bisa memilih melakukan kasih dalam kehidupannya karena itulah hukum yang terutama dari Allah. Kitalah memilih mencintai orang lain sama seperti Tuhan yang memilih untuk mengasihi kita.

 

  1. Kasih adalah komitmen

Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 4: 16b bahwa, “Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.”

Hubungan anak dengan Tuhan sangat dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan orang lain. Saat anak berkomitmen mengasihi orang lain, maka kasih yang mereka punya itu menyatu dengan kasihnya Tuhan. Saat itulah kasih Tuhan akan terpancar dalam kehidupan si anak, lewat sikap, perilaku, tutur kata, dll.

 Baca juga : ALASAN PENTINGNYA ANAK BELAJAR DARI PENGALAMAN!

  1. Kasih itu adalah tindakan

Kasih atau cinta harus dibuktikan oleh tindakan/perbuatan. “Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3: 18)

Setiap hari Tuhan menyediakan kesempatan supaya kita bisa menunjukkan kasih ke semua orang di sekitar kita. Apakah Superparents ingin mengajak anak belajar untuk mengasihi? Nah, CBN saat ini mempunyai program untuk mengadakan 2.200 perlengkapan sekolah baru untuk anak-anak NTT. Superparents bisa mengajak anak menabung agar bisa membantu teman-temannya yang membutuhkan. Untuk tahu lebih banyak tentang acara ini, Superparents bisa klik di bawah ini :

Hadiah Perlengkapan Sekolah untuk Temanku ->  Klik disini

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK