ARTICLE

Mon - Aug 02, 2021 / 1475 / Parenting

Alasan Pentingnya Anak Belajar dari Pengalaman!

Pengalaman adalah cara mudah untuk anak belajar. Pengalaman juga merupakan guru terbaik dalam kehidupan. Dengan pengalaman, mereka bisa mempelajari kehidupan dan mengembangkan kemampuannya.

Caranya bisa dimulai dari hal sederhana, seperti mengeksplorasi, menjelajah, menciptakan, menemukan, mengaitkan, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan mengekspresikan apa yang mereka sukai. Proses pengalaman ini memiliki ragam kegiatan yang banyak dan semua bisa dicoba oleh anak.

Cara belajar lewat pengalaman memang seperti tidak terstruktur, tanpa batasan waktu, dan melibatkan sedikit peran orang dewasa. Superparents hanya perlu memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar secara alami, sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Baca juga : CARA AMPUH MENGAJAK ANAK UNTUK MENJADI BERKAT BAGI TEMANNYA

Menurut health motivator, dr. Handrawan Nasedul, yang disadur dari Kompas.com, metode pembelajaran akfektif dalam melatih kebiasaan baik pada anak akan lebih efektif daripada menggunakan cara kognitif. Artinya, belajar melalui kebiasaan dalam bersikap atau pengalaman langsung akan lebih mengena pada anak daripada mengajarkan anak lewat teori yang mengandalkan dari pikiran dan intelektualitas anak saja.

Pengalaman bisa membangun rasa saling percaya antara orang tua dan anak

Lewat pengalaman yang orang tua berikan kepada anak, anak juga bisa semakin erat dengan keluarganya. Anak merasa bahwa orang tua mengerti akan kebutuhan dan kesenangan mereka sehingga kepercayaan anak pun terbangun.

Pengalaman nyata membentuk kepercayaan diri anak

Salah satu cara membentuk kepercayaan diri anak adalah membuat mereka merasakan pengalaman mengaktualisasikan atau mengekspresikan dirinya. Setelah anak menemukan bakat dalam dirinya, kita sebagai orang tua harus memberikan kesempatan padanya untuk melakukan apa yang dia sukai. Dengan begitu, kemampuan anak berkembang dan kepercayaan diri mereka pun bertambah.

Baca juga : 3 TOKOH INSPIRATIF DI INDONESIA YANG BISA MENGAJARKAN ANAK TENTANG KASIH DAN BERBAGI

Dalam rangka HUT CBN yang ke-22, CBN mengadakan Church Talent Festival dimana anak dan remaja bisa mengekspresikan bakat dalam dirinya lewat video berdurasi maks. 5 menit. Acara ini bisa menjadi sarana anak dan remaja untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Melalui bakat atau talenta yang anak miliki, mereka juga bisa memuliakan nama Tuhan dan menjadi inspirasi bagi anak-anak lainnya di seluruh Indonesia. Yuk segera ikutan sekarang dengan cara klik link dibawah ini :

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK