ARTICLE

Mon - Jun 21, 2021 / 793 / Parenting

Pedoman Alkitabiah Untuk Ayah Dalam Menerapkan Pola Asuh Kepada Anaknya

Selamat hari ayah sedunia! Peran seorang ayah sangat krusial lho bagi perkembangan anak. Namun sayangnya, tidak sedikit keluarga yang kurang mengetahui hal ini sehingga melimpahkan kewajiban tumbuh kembang anak kepada ibu. Padahal kalau ayah ikut berperan dalam pengasuhan anak, dampaknya akan luar biasa bagi masa depan mereka.

Menurut KPAI pengasuhan ayah dalam mendidik anak hanya 27,9% sedangkan ibu lebih berperan yaitu 36,9%. Minimnya peran ayah dalam mendidik anak juga dapat dilihat bahwa hampir semua buku mengenai cara mendidik anak dituliskan untuk ibu. Padahal di seluruh dunia, peran ayah lebih berharga daripada semua hal lain.

Baca juga: ORANG TUA HARUS MELAKUKAN POSITIVE REFRAMING AGAR ANAK BERUBAH JADI LEBIH BAIK

Tugas mendidik dan mengasuh anak oleh ayah menurut Alkitab

Tugas orang tua dalam mendidik anak ada 3 hal, yaitu 'mothering', 'fathering', dan 'parenting'. Dari sinilah kita bisa mendapatkan gambaran bahwa masing-masing orang tua punya peran yang penting dan saling mendukung.

Menurut TheAsianParent.com (https://id.theasianparent.com/7-alasan-mengapa-ayah-harus-dekat-dengan-anak), anak yang dekat dengan ayahnya punya 7 kelebihan ini dibandingkan anak lainnya. Mereka lebih cerdas, lebih percaya diri, punya emosi yang lebih stabil, tidak mudah tergoda narkoba maupun miras, mudah menyesuaikan diri, mampu menghargai diri sendiri, dan tahu cara memperlakukan lawan jenis.

Sedangkan dalam Alkitab, Tuhan sendiri sudah memberikan pedoman kepada para ayah dalam mendidik anak, yaitu:

Ulangan 11:19

Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” Ayah sebagai kepala dan nahkoda dalam keluarga, punya peranan penting dalam menanamkan iman anak-anaknya. Saat ayah bisa menjadi teladan firman dalam kehidupannya, ia akan mengajarkan dan selalu membicarakan firman Tuhan dalam kesehariannya agar anak melihat kasih Tuhan yang terpancar dari dirinya.

Efesus 6:4

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” Kadangkala laki-laki agak sulit mengontrol emosi, apalagi kalau sedang lelah. Hal ini bisa berdampak pada anak. Misalnya saat mereka lelah bekerja, anak mencari perhatian untuk bisa bermain atau bersama ayahnya, tapi si ayah malah membentak atau tidak memperhatikan mereka. Anak jadi kepahitan dan marah walaupun tidak diungkapkan. Yuk kita latihan untuk mengendalikan emosi dan tetap bisa mengajarkan ajaran serta nasihat Tuhan kepada anak.

Baca juga : 5 DOA PENTING AGAR ANAK MAMPU MENGHADAPI PERGUMULAN DAN MENGHINDAR DARI GODAAN IBLIS

Galatia 5:22-23

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” Seorang ayah harus memperhatikan pertumbuhan rohani pribadinya agar ia dapat menjadi pemimpin rohani di keluarganya. Untuk itu, para ayah perlu mendekatkan diri kepada Tuhan melalui pembacaan Alkitab, doa, kelas dan seminar rohani, serta memiliki mentor atau pembimbing rohani. Dalam kelas-kelas parenting di gereja, kita akan belajar cara mendidik anak sesuai dengan usia mereka—dan tentunya, sesuai landasan firman Tuhan.

Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.” Salah satu faktor penting dalam keberhasilan mendidik anak adalah hubungan pernikahan yang baik. Sebelum berperan sebagai orang tua, seorang ayah terlebih dahulu berperan sebagai suami. Dan, suami harus mengasihi istrinya seperti Kristus mengasihi jemaat. Gagal mengasihi istri adalah cikal-bakal hubungan yang buruk. Dan, jika hubungan pernikahan Anda buruk, kualitas parenting Anda juga akan cenderung buruk.

Anda terberkati dengan artikel kami? Yuk share artikel ini ke seluruh media sosial yang Anda miliki agar bisa menjadi berkat bagi orang tua lainnya. Tuhan memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK