ARTICLE

Tue - Jun 15, 2021 / 1715 / Parenting

5 Doa Penting Agar Anak Mampu Menghadapi Pergumulan dan Menghindar dari Godaan Iblis

1 Petrus 5 : 8 mengingatkan kita agar berjaga-jaga agar tidak termakan godaan iblis. Musuh (iblis) menginginkan anak-anak kita. Mereka ingin anak menjauh dari kita dan Tuhan yang benar, lewat pergaulan, pemikiran-pemikiran, perilaku, dan masih banyak lagi. Sebagai Superparents, kita harus mampu menjaga dan mendidik anak agar mampu menghadapi bahkan mengindari godaan itu!

Tuhan memberikan kita jalan keluar sebagai orang tua. Ia akan memampukan kita, jika kita terus membawa anak dalam doa. Berikut ini adalah doa-doa yang bisa Superparents lakukan agar Tuhan melindungi anak-anak kita dari godaan si iblis.

Baca juga : 12 SIKAP ANAK YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN DAN HARUS DIUBAH OLEH ORANG TUA

  1. Tidak berharga dan rusak gambar diri (Kejadian 1)

Ya Allah,

salah satu cara iblis menipu anak kami adalah dengan membuatnya merasa tidak berharga. Mereka menghadapi standarisasi duniawi yang kadang tidak realistis, seperti harus memiliki banyak followers, mempunyai haters, di-bully secara verbal baik secara fisik maupun psikologisnya, dan lainnya. Tolong lindungi anak kami dengan memberikan pemahaman bahwa Tuhan sudah membentuk mereka sempurna dan sangat baik. Isi hati mereka dengan cinta dan kasih-Mu.

Tunjukkan kepada mereka komunitas yang bisa saling mendukung, daripada yang merusak gambar dirinya. Kami serahkan mereka kedalam tangan-Mu, Amin.

 

  1. Tidak dikasihi (Yeremia 31:3)

Tuhan Yesus,

Iblis seringkali menyesatkan anak-anak kami agar mereka merasa kesepian dan tidak dikasihi. Padahal kami sendiri sebagai orang tua begitu peduli padanya. Yeremia 31:3 mengatakan bahwa kasih-Mu kekal! Tolong bantu ingatkan anak-anak kami bahwa cinta-Mu tak terukur dan tak kenal lelah. Engkau merupakan sumber cinta yang terus mengalir bagi keluarga kami, terutama anak kami. Bantu kami juga untuk bisa bersikap lebih peduli dan menunjukkan kasih sayang kami kepadanya. Inilah doa kami Tuhan, Amin.

 

  1. Memedulikan materi (Matius 6:19-21)

Bapa,

Tidak hanya kami orang dewasa yang mudah tergoda oleh kekayaan, anak kami pun juga. Iblis bisa menggodanya bahwa dicintai oleh Tuhan saja tidak cukup. Butuh lebih banyak kebahagiaan yang datangnya dari materi. Dalam Matius 6:19-21 memberi tahu kepada kita dimana harta kita berada. Bimbinglah anak-anak bahwa tidak hanya materi saja yang bisa membuat mereka bahagia, namun kasih-Mu dan orang tuanya juga bisa membahagiakannya. Bantu kami Bapa, kedalam tangan-Mu kami serahkan doa ini, Amin.

 Baca juga : 5 HAL YANG MEMBUAT ANAK MENGALAMI TRAUMA MASA KECIL DAN BERDAMPAK PADA MASA DEPANNYA

  1. Salah bergaul (1 Korintus 15: 33)

Tuhan,

Kami ingin anak-anak kami dikelilingi oleh orang-orang yang mendukungnya secara positif. Namun sayangnya, tidak sedikit godaan di lingkungannya yang menjauhkan dia dari-Mu. Firman-Mu berkata bahwa pergaulan buruk akan merusak kebiasaan yang baik. Kiranya berikan kebijaksanaan bagi anak kami agar mereka mampu memilih teman-temannya. Berikan kerinduan pada mereka untuk bisa bertumbuh bersama dalam-Mu dan tidak menyerah pada tekanan pergaulan. Bantu anak-anak kami juga untuk menjadi garam dan terang bagi lingkungannya Tuhan, Amin.

 

  1. Ketakutan (Yesaya 41:10)

Bapa surgawi,

Anak-anak kami menghadapi begitu banyak tantangan dan pergumulan dalam hidupnya. Hal itu membuatnya takut dan ragu untuk melangkah. Tidak sedikit kami melihat anak kami bermasalah, tertekan, cemas, dan bahkan sakit. Bukalah hati mereka dan bantu mereka memahami bahwa Engkau akan menyertainya dan selalu menguatkannya. Engkau selalu ada disana untuk mereka. Isilah pikiran mereka dengan pemikiran yang positif agar mereka bisa tidur dengan nyenyak dan terus semangat. Kami percayakan mereka pada-Mu, Amin.

Marilah kita mendoakannya dengan penuh keyakinan dan percaya Tuhan yang memampukan kita dan anak-anak. Jika Anda terberkati oleh artikel ini, mari dukung terus pelayanan kami agar semakin banyak orang tua yang bisa mendidik generasi masa depan yang lebih baik.

Saya Dukung

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK