ARTICLE

Fri - Dec 11, 2020 / 403 / Parenting

3 Tips Mendidik Anak Agar Bisa Mengamalkan Kasih Kristus Dalam Hidupnya

Semua orang tua ingin memiliki anak yang berkarakter baik, apalagi punya sikap dan kasih dengan meneladani Kristus. Wah kedengarannya muluk ya. Tapi sebenarnya Superparents bisa kok melatih anak sedari dini dan membentuk pribadinya menjadi lebih baik, mumpung ini adalah masa emas mereka.

Setiap orang tua Kristen, kita memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak sesuai dengan firman Tuhan. Seperti yang tertuang dalam firman Tuhan di Amsal 22: 6 yang berbunyi, “Didik lah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Oleh karena itu, yuk cari tahu bagaimana cara mendidik anak agar mereka bisa mengamalkan kasih Kristus dalam kehidupannya sehari-hari.

Baca juga : CARA MENGAJARKAN ANAK UNTUK BISA MEMBEDAKAN IMAN DAN NEKAT

  1. Ajak anak untuk membaca Alkitab dan renungan harian

Ajaklah anak membaca Alkitab sedari dini. Tidak peduli mereka sudah bisa membaca sendiri atau belum. Karena kita sebagai orang tuanya, bisa kok membacakannya untuk mereka. Bahkan bisa dikreasikan seperti bercerita dongeng dengan segala intonasi dan gaya yang menarik bagi anak.

Superparents bisa meluangkan waktu bersama anak sebelum tidur atau pada pagi hari, sebelum memulai kegiatan. Mulailah dengan berdoa terlebih dulu, agar Tuhan menuntun kita untuk dapat mengerti firman yang akan Dia sampaikan. Pilihlah juga ayat atau kisah Alkitab yang mudah dipahami anak. Superparents bisa sesuaikan dengan usia anak.

 

  1. Berdoa bersama

Komunikasi kepada Tuhan adalah hal dasar yang sangat penting. Oleh sebab itu, anak harus bisa berdoa walaupun masih sangat sederhana layaknya ia sedang mengobrol dengan orang tua atau temannya. Ajarkan mereka bahwa Tuhan itu dekat padanya dan selalu mendengarkan doa-doanya. Ajarkan juga kalau anak bisa berdoa setiap saat dan dimana saja. Untuk menumbuhkan kebersamaan, Superparents juga bisa meluangkan waktu untuk berdoa bersama anak dimana setiap anggota keluarga saling mendoakan.

 Baca juga : CARA MENANGGAPI DAN MERESPON BANTAHAN ANAK YANG SERING TERJADI

  1. Menjadi pelaku firman

Tidak cukup rajin membaca Alkitab dan berdoa saja. Superparents juga harus membantu anak-anak untuk menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai yang lebih dewasa harus menjadi teladan bagi mereka. Kita terlebih dahulu melakukan firman Tuhan, barulah anak-anak bisa mengikutinya. Anak-anak juga dengan tidak ada keberatan mau mendengarkan apa yang kita ajarkan tentang kebenaran firman. (Yohanes 15:5)

Nah itulah 3 poin penting mendidik anak agar bisa mengamalkan kasih Kristus dalam kehidupannya sehari-hari. Semoga di hari ibu ini, kasih ibu juga mampu membantu anak-anak agar imannya bertumbuh dalam Kristus. Selamat hari ibu…

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK