ARTICLE

Thu - Oct 14, 2021 / 49 / Inspirational

Kemampuan Positif Generasi Muda yang Semakin Menghilang, Ini Kata Alkitab

Dunia semakin modern, tapi pola pikir dan karakter manusia semakin beragam. Banyak dari sikap-sikap manusia yang justru sekarang mengalami kemunduran dan cenderung rusak. Memang sejak manusia jatuh ke dalam dosa, satu-satunya jalan penebusan adalah Tuhan Yesus Kristus. Kita harus kembali pada-Nya, percaya, mengakui segala dosa dan kesalahan kita, dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Namun apa saja sih kemampuan-kemampuan positif generasi saat ini yang semakin lama menghilang? Dan bagaimana kita harus menyikapinya?

  1. Menghargai orang lain

Semakin pesatnya kemajuan teknologi membuat orang-orang secara tidak sadar lebih mementingkan dirinya sendiri dan ingin dipuaskan. Sehingga banyak orang yang ingin dimengerti tapi tak mau mengerti orang lain, dihargai tapi tidak menghargai, didengar tapi tak mau mendengar, dan masih banyak lagi. Semakin pesatnya kemajuan teknologi membuat orang-orang secara tidak sadar lebih mementingkan dirinya sendiri dan ingin dipuaskan.

Baca juga : INGIN IMAN ANAK BERAKAR KUAT? AJAK ANAK BELAJAR DARI DAUD

Yuk kita ingat kembali firman Tuhan di 1 Yohanes 4 : 7-8, “Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

 

  1. Bekerja keras dan cerdas

Adanya media sosial kadang membawa dampak buruk pada generasi muda terutama dalam hal pengertian untuk ‘berusaha’. Tidak sedikit anak muda berpikir, modal hobi dan kesukaan juga bisa menghasilkan kok, tapi mereka lupa bahwa semua itu tetap membutuhkan usaha dan kerja keras bahkan sindiran dari banyak pihak.

Yuk kita ingat kembali firman Tuhan di 2 Tesalonika 3:7-8, “Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu, dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun di antara kamu.

Paulus menjadi teladan untuk kita dalam hal bekerja. Paulus tidak menggunakan, memanfaatkan apa yang dimiliki orang lain, kebaikan hati orang lain dengan cuma-cuma. Kita sebagai orang Kristen seharusnya menjadi berkat dan bukannya beban bagi orang lain. Maka dari itu, kebutuhan kita harus kita dapatkan sendiri dengan kerja keras.

 Baca juga : KAMU SEDANG INSECURE ATAU KHAWATIR? INILAH CARA MENGATASINYA MENURUT ALKITAB

  1. Menghargai hidup dan bersyukur

Saat ada masalah, kadang kita justru malah mencari pelarian atau hal yang membuat bahagia. Bahkan ada yang jadi stress dan berujung depresi. Tapi sayangnya kita suka lupa bahwa penghiburan dan kehidupan ini datangnya dari Tuhan.

Yuk kita ingat kembali firman Tuhan di Ulangan 31:6, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu,  janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” Jadi kita harus kembali kepada Tuhan dan jangan lupa bersyukur atas semua hal yang telah Tuhan berikan pada kita.

Jika Anda sedang mengalami pergumulan dan membutuhkan dukungan doa, Anda bisa menghubungi kami dengan klik di bawah ini.

SAYA MAU!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK