ARTICLE

Thu - Dec 02, 2021 / 713 / Sunday School

Kegiatan dan Permainan Natal yang Bisa Memeriahkan Perayaan Natal di Sekolah Minggu

Wah tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember! Itu artinya, Natal sebentar lagi. Apakah kakak guru sekolah minggu sudah menyiapkan ibadah dan perayaan Natal untuk anak-anak nanti? Kalau sudah, apakah sudah dilengkapi permainan yang bisa menambah keseruan acara Natal?

Nah kalau masih bingung mau buat permainan atau kegiatan apa nih, Superbook punya solusinya lho. Yuk simak bahasannya di bawah ini.

  1. Acak kata spesial Natal

Permainan ini bisa kakak lakukan saat sekolah minggu masih online ataupun sudah tatap muka. Yang perlu disedikan untuk yang tatap muka adalah papan tulis / kertas HVS dan spidol. Sedangkan untuk sekolah minggu yang masih online, kakak bisa membuatnya di Power Point. Caranya adalah sediakan kata-kata yang berhubungan dengan Natal, tulis secara acak katanya sampai agak sulit dikenali, lalu ajak anak menebak kata tersebut.

 Baca juga : PELAYANAN GURU SEKOLAH MINGGU ITU LUAR BIASA! INI ALASANNYA

  1. Kuis serba serbi Natal

Permainan ini bisa kakak lakukan saat sekolah minggu masih online ataupun sudah tatap muka juga. Nah disini kakak bisa menyelipkan kisah kelahiran Tuhan Yesus sambil melatih pengetahuan anak Alkitabiah anak.

 

  1. Tukar kado dengan estafet

Mau membagikan kado dengan cara yang nggak biasa? Di estafet-in aja. Pasti jadi seru. Dengan lagu Natal yangs seru, kakak bisa menyajikan pengalaman bertukar kado yang tidak terlupakan oleh anak.

 

  1. Hitung mundur Natal

Anak-anak saling bergantian melemparkan bola. Dan yang mendapat bola harus menyebutkan hadiah yang mereka inginkan saat Natal sambil menghitung mundur jumlahnya. Misalnya dari ‘aku ingin 12 permen di hari Natal’, ‘aku ingin 11 jus di hari Natal’,’aku ingin 10 temanku bahagia saat Natal’, dan seterusnya.

 

  1. Membuat dekorasi kelas bersama untuk photo booth

Setelah acara Natal mau ada foto-foto? Yuk hias bersama ruang sekolah minggu dengan kreativitas anak. Mereka diperbolehkan sebebas mungkin memberikan dekorasi Natal seindah mungkin dan bisa dicocokkan dengan tema Natal di gereja kakak.

 Baca juga : MENELADANI GAYA KEPEMIMPINAN TUHAN YESUS DALAM PELAYANAN DI SEKOLAH MINGGU

  1. Rantai cerita

Anak bisa secara bergantian merangkai sebuah cerita yang bertema Natal. Boleh dari Alkitab tentang kelahiran Tuhan Yesus, tapi boleh juga mereka mengarang sesuai dengan kreativitas sendiri.

 

  1. Tebak gambar Natal

Sediakan gambar-gambar bertema Natal di kertas. Lalu potonglah kertas itu menjadi beberapa bagian sehingga tidak terlalu jelas bentuk gambarnya. Ajak anak menebak mulai dari satu potongan gambar sampai potongan gambar lainnya lengkap.

Ayo ikuti juga keseruan perayaan Natal anak bersama Superbook di Super Christmas pada tanggal 10 Desember nanti! Segera daftar melalui akun gereja masing-masing ya atau ikuti link Youtubenya di bawah ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK