ARTICLE

Wed - Nov 24, 2021 / 400 / Sunday School

Meneladani Gaya Kepemimpinan Tuhan Yesus Dalam Pelayanan di Sekolah Minggu

Tuhan memanggil kita, para guru sekolah minggu karena Dia punya maksud di hidup kita. Sama seperti kedua belas rasul yang Dia pilih, panggilan kita semua sama.

Menjadi seorang pemimpin yang baik dan bisa memberi dampak kepada teman satu team itu memang tidak mudah. Sebegitu sulitnya sampai ada beberapa pelatihan yang memfasilitasi orang-orang untuk melatih menjadi “pemimpin (leader) yang baik”.

Kita sendiri sebenarnya punya sosok teladan dalam kepemimpinan yang baik. Siapa? Yap, Tuhan Yesus sendiri. Dia telah memberikan contoh kepada kita bagaimana caranya menjadi pemimpin yang berdampak. Terutama untuk para guru sekolah minggu. Bagaimana memimpin kelas maupun organisasi di gereja.

Gaya kepemimpinan Tuhan Yesus itu nampak paling nampak pada cara Dia memilih kedua belas rasul. Orang-orang yang menjadi rasul itu adalah orang yang biasa saja. Sama seperti kita. Mereka punya pekerjaan, atau sibuk untuk menghidupi keluarganya juga. Namun mereka mau lho mengikut Yesus.

Baca juga : 3 IDE KREASI NATAL YANG BISA ANAK BUAT UNTUK MEMERIAHKAN PERAYAANNYA!

Sejak Yesus memulai pelayanannya, banyak orang yang mengikutinya menjadi muridnya, namun Ia memilih dua belas orang dari mereka untuk menjadi rasul (Lukas 6: 12-16).

Menariknya, Yesus memilih orang-orang dengan latar belakang yang biasa dan tidak terpandang di masyarakat. Mereka adalah nelayan, pemungut cukai, bahkan ada yang mantan pencuri. Mungkin Anda berpikir, lho kenapa sih Yesus memilih mereka? Atau kenapa Ia memilih rasul yang berbeda latar belakang?

Hal yang membuat Tuhan Yesus memilih mereka bukan karena pekerjaan, kemampuan, ketaatan pada kitab suci, dan pengetahuan, tapi karena Yesus melihat dedikasi yang tulus dalam hati mereka untuk memberitakan Injil. Mereka terpilih karena Tuhan memanggil mereka.

Bagaimana dengan diri kita sendiri? Apakah kita sudah menyadari panggilan Tuhan dalam hidup kita seperti para rasul? Mengikut Tuhan Yesus dan menjalankan visi serta tujuan-Nya di dunia ini memang tidak mudah. Tapi Ia membutuhkan kita yang “biasa saja” ini untuk menjadi perpanjangan tangan-Nya mengerjakan karya keselamatan di seluruh dunia.

Baca juga : KEGIATAN SEKOLAH MINGGU YANG BISA GURU SISIPKAN DI LITURGI KREATIF NATAL

Kita semua sudah diberikan talenta masing-masing, tinggal bagaimana kita menggunakan hati kita agar fokus demi kemuliaan nama-Nya. Sebagai “murid-murid-Nya” di masa kini, marilah kita kerjakan peran kita masing-masing dengan baik dan muliakan nama-Nya lewat pekerjaan kita.

Dan jika Anda seorang pemimpin, lihatlah Tuhan Yesus yang tidak memandang suatu kekurangan manusia sebagai batu sandungan. Tapi rangkulah mereka dan bantulah mereka agar memiliki hati yang tulus untuk mengerjakan bagiannya sesuai dengan kemampuan mereka. Pemimpin yang baik bukanlah orang yang hanya menuntut tapi yang bisa bergandengan tangan bersama membangun dan memajukan pribadi bawahannya.

So, ingatlah selalu akan pesan Tuhan kepada kita semua di Matius 28: 19-20.

Jika kakak memiliki masalah dalam pelayanan, pekerjaan dan keluarga. Kakak bisa menghubungi Sahabat 24 yang siap sedia mendengarkan dan menguatkan kakak dalam iman lewat doa. Tinggal klik di bawah ini…

HUBUNGI KAMI

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK