ARTICLE

Mon - Nov 29, 2021 / 233 / Parenting

Kalau Tuhan Itu Ada, Kenapa Masih Banyak Kejahatan di Dunia? Ini Jawabannya

Pertanyaan ini mungkin pernah anak-anak lontarkan kepada kita ya. Nah kalau ya, bagaimana Superparents menjawabnya? Jika masih bingung cara menjawabnya, yuk ikuti pembahasan dari Superbook berikut ini.

Para filsuf seperti Alvin Plantinga, Peter Van Inwagen, dan William Lane Craig memberikan sejumlah argumen yang menunjukkan bahwa kejahatan bisa saja tetap ada sekalipun Allah Mahabaik dan Mahakuasa.

Plantinga dalam salah satu argumennya tentang kehendak bebas, berpendapat bahwa selama Allah memberikan kehendak bebas kepada manusia, maka akan selalu ada kemungkinan bagi manusia untuk melakukan kejahatan—yang tidak akan diintervensi oleh Allah. Jika diintervensi artinya manusia tidak punya kehendak bebas.

Baca juga : CARA MEMILIH FILM KARTUN YANG BAIK DAN MENDIDIK ANAK DAN TIPS MEMBATASINYA

Superparents tahu sendiri kan, sebenarnya manusia diciptakan oleh Allah itu dengan baik. Namun sayangnya, manusia itu sendiri yang sudah diberikan kehendak bebas justru jatuh dalam dosa. Oleh karena itu, kita sendiri sudah terlahir dengan membawa ‘dosa’ itu sendiri dalam diri kita.

Lalu bagaimana cara menjelaskan lebih mudahnya ke anak?

  1. Ajarkan kepada mereka untuk belajar ‘melihat hal yang tidak terlihat’

Seringkali Tuhan bekerja di belakang layar untuk membangun rohani dan iman kita. Ada 5 alasan kenapa Tuhan bekerja di balik layar hidup kita. Superparents bisa membaca pembahasan lengkapnya dengan KLIK DISINI.

 

  1. Dengan contoh kasus/ perumpamaan

Sama seperti cara Tuhan Yesus mengajar, kadang hal-hal yang dekat dengan kehidupan anak itu lebih mudah dipahami. Superparents bisa menjelaskannya dengan memberikan contoh sebuah cerita. Misalnya tentang pekerjaan polisi.

Kenapa tetap ada yang berbuat jahat kalau polisi itu ada? Kejahatan itu tetap ada karena ‘sifat bawaan’ manusia itu sendiri. Manusia sudah jatuh dalam dosa dan mudah melakukan dosa. Oleh karena itu, Tuhan justru menjadi jawaban manusia untuk kembali pada-Nya dan meminta pengampunan. Seperti tugasnya pak polisi, dia menangkap dan menyadarkan orang yang melakukan kesalahan supaya tidak mengulanginya lagi. Bedanya Tuhan punya cara-Nya sendiri agar kita tersadar dan mau berubah.

Baca juga : 7 KEBIASAAN BURUK ORANG TUA YANG TIDAK SADAR MENULAR KE ANAK

Tuhan memang tahu jalan hidup kita semua, tapi Dia memberikan kebebasan kepada kita sebagai manusia bagaimana untuk menghidupinya. Apakah mau sesuai dengan jalan yang Dia sarankan, atau justru menyimpang. Itulah kenapa kejahatan tetap ada. Namun Tuhan selalu siap sedia menerima kita kembali, saat kita menyadari segala kesalahan kita.

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menyampaikannya kepada anak. Jika ada Superparents yang sedang mengalami pergumulan dalam keluarga, silakan hubungi Sahabat 24 yang siap setiap saat untuk mendukung Superparents dalam doa.

SAYA MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK