ARTICLE

Wed - Sep 15, 2021 / 173 / Inspirational

5 Alasan Kenapa Tuhan Bekerja di Balik Layar Hidup Kita

Momin kaget waktu membaca salah satu kesaksian anak yang rajin sekolah minggu tapi tetap mempertanyakan tentang keberadaan Tuhan. Mungkin kita sebagai orang tua dan guru sekolah minggu berpikir, yang penting mereka mengenal Tuhan dan mau melakukan firman-Nya tapi lupa bahwa kadang anak punya pemikiran kritis yang mereka tidak ungkapkan kepada kita.

Menyedihkannya, jika ia tidak menemukan jawaban tentang ‘dimana Tuhan’, ‘siapa itu Tuhan’, ‘apa yang Tuhan lakukan selama ini’, dan masih banyak lagi, di masa remaja mereka akan gamang imannya. Oleh karena itu penting bagi kita menjelaskan ‘kenapa Tuhan bekerja di balik layar’.

Baca juga : KENAPA TUHAN MARAH DAN MEMBUAT MENARA BABEL HANCUR?

Belajar Melihat yang Tak Terlihat

Seringkali Tuhan bekerja di belakang layar untuk membangun rohani dan iman kita. Kita sebagai manusia cenderung berfokus pada apa yang bisa kita lihat, sentuh, rasakan, dan lihat. Setiap iman kita mulai goyah, yuk kembali ke kisah-kisah Alkitab supaya kita diingatkan kembali akan kebenaran-Nya.

Seperti kisah Abraham. Tuhan menjanjikan keturunannya menjadi bangsa yang besar. Namun Abraham serta istrinya sudah tua dan belum memiliki anak. Tuhan sebenarnya sedang bekerja, menyediakan mereka anak laki-laki.

Lalu kisah yang dialami oleh Yusuf. Ia juga melalui proses Tuhan! Mulai dari dijual oleh saudaranya, menjadi pelayan, dituduh, dipenjara sampai akhirnya bisa menjadi orang kepercayaan di Mesir. Sama juga dengan bangsa Israel yang mencari tanah perjanjian.

Tapi kenapa Tuhan bekerja di balik layar?

  1. Tuhan ingin mengungkapkan kehendak-Nya

Tuhan ingin memiliki persekutuan dan dekat dengan kita. Jadi jika kakak tidak tahu masa depan hidup kakak, yuk datang kepada-Nya (Yesaya 55:8). Ia akan menunjukkan jalan-Nya kepada kita (Yer 29:11).

 

  1. Tuhan sedang mengungkapkan tujuan-Nya.

Kadang kita mengira sudah membuat keputusan atau memilih jalan hidup yang tepat, tapi kok semuanya terlihat berantakan. Percayalah, Dia sedang bekerja di belakang layar hidup kita setiap harinya (Yohanes 13:7).

 Baca juga : BANTU ANAK MENGATASI RASA TAKUT DENGAN MENJELASKAN FIRMAN TUHAN INI

  1. Tuhan mengajar kita bagaimana berjalan dalam iman.

Pernahkah kakak melihat ada orang tua yang marah kepada anaknya saat mereka belajar berjalan. Terjatuh, mencoba lagi. Itulah yang Tuhan lakukan kepada kita. Dia tetap mengawasi dan membiarkan kita ‘diproses’ sedemikian rupa agar siap dalam iman (Roma 8:28).

 

  1. Tuhan sedang membangun kepercayaan diri kakak

Sulit bergantung kepada Tuhan saat kita sudah terbiasa mengandalkan diri sendiri. Tapi Alkitab mengajarkan bahwa kita harus mengandalkan Tuhan dalam setiap lini hidup kita. Firman-Nya mengungkapkan bahwa tidak peduli apa yang akan terjadi besok, Dia masih memegang teguh kita dalam rencana-Nya untuk tujuan-Nya (Mazmur 121: 3, 4).

 

  1. Tuhan menanamkan harapan

Harapan adalah detak jantung dari janji-janji Tuhan. Dia membantu kita bangkit di tengah keadaan kita. Apapun situasinya, Tuhan ingin Anda tetap berharap (Ulangan 31:6).

Kakak butuh didoakan dan dikuatkan dalam menjalani pergumulan hidup? Mari hubungi Sahabat24 yang siap melayani selama 24 jam, dengan cara klik di bawah ini.

SAYA MAU

Sumber: crosswalk.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK