ARTICLE

Tue - Nov 23, 2021 / 407 / Parenting

7 Kebiasaan Buruk Orang Tua yang Tidak Sadar Menular ke Anak

Anak itu ada saja tingkah lakunya. Kadang menggemaskan, kadang juga menyebalkan. Sadarkah Superparents, ternyata tingkah anak yang negatif itu bisa saja karena kita sendiri. Sebagai orang tua, ada kalanya kita perlu berefleksi dan bertanya pada diri sendiri,”Apakah saya pernah berperilaku seperti itu juga, sehingga anak menirunya?”

Bagaimana pun juga sikap dan perilaku anak terbentuk setelah mereka melihat serta meniru keluarga atau lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dengan sikap kita ya. Lalu, apa saja sih kebiasaan buruk yang sebaiknya kita hindari agar tidak anak lakukan juga?

  1. Suka Menyalahkan Orang Lain

Tanpa disadari kadang orang tua kadang gengsi untuk mengakui kesalahan. Yang namanya orang dewasa pun tidak luput dari berbuat salah. Jika kita sering menyalahkan orang lain, jangan heran kalau anak juga ikut melakukannya. Yuk kita akui kesalahan dan jadi role model yang baik untuk anak.

 Baca juga : 3 CERITA FILM ANAK YANG BISA DIGUNAKAN SEBAGAI JEMBATAN DALAM MENYAMPAIKAN FIRMAN TUHAN

  1. Terlalu sibuk main gadget

Kita ingin anak lepas dari gadget, tapi eh justru kitanya sendiri kadang susah jauh dari gadget. Yuk kurangi pegang gadget saat bersama dengan anak. Supaya mereka juga merasakan kalau kita ada untuknya dan bisa saling berkomunikasi.

 

  1. Suka bicara dengan nada tinggi

Kebiasaan ini juga terjadi tanpa kita sadari. Akhirnya anak ikut meniru kebiasaan ini. Yuk Superparents, kurangi nada tingginya dan berbicara dengan nada normal. Biasakan menanggapi anak juga dengan tenang ya.

 

  1. Sulit meminta maaf

Orang tua sering mengajarkan anak untuk meminta maaf jika mereka melakukan kesalahan. Tapi justru lupa meminta maaf saat orang tua sendiri melakukan kesalahan kepada anak. Saat kita gengsi meminta maaf, maka anak akan meniru perilaku ini.

 

  1. Pengaturan waktu yang berantakan

Ingin anak disiplin dan punya waktu yang teratur? Yuk dimulai dari susun jadwal bersama dan menaatinya. Dengan pengaturan waktu yang baik, maka semua kegiatan bisa dilewati dengna baik dan tenang karena kita sudah punya persiapan.

 Baca juga : 8 TIPS MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA ANAK YANG WAJIB ORANG TUA KUASAI

  1. Terlalu cemas dalam segala hal

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus5:7)

Selalu ingat ayat ini Superparents agar kita tidak mudah kuatir. Jangan lupa juga untuk mengajarkannya kepada anak ya, supaya dia tidak cemas akan ujian / PR, dan kecemasan lain di hidupnya.

 

  1. Kebiasaan berbuat dan berkata kasar

Jangan salahkan anak saat mereka berkata dengan kasar atau bahkan melakukan tindakan kasar, seperti memukul, melempar barang, berteriak-teriak, dan lainnya. Mungkin kita sebenarnya pernah melakukan hal itu, atau anak mendapatkannya dari lingkungan sekitarnya.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak kita lakukan lagi. Yuk buat anak meneladani perilaku yang baik dan mencerminkan karakter Kristus dalam hidup kita.

Jika Anda terberkati dengan artikel ini, dukung pelayanan kami agar semakin banyak orang tua dan keluarga yang mengenal kasih Tuhan.

SAYA DUKUNG

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK