ARTICLE

Thu - Nov 25, 2021 / 273 / Parenting

Cara Memilih Film Kartun yang Baik dan Mendidik Anak dan Tips Membatasinya

Sepertinya tidak ada satupun anak yang tidak suka dengan film kartun ya. Tapi sebenarnya tidak semua film kartun itu untuk anak-anak Superparents. Jadi kita juga perlu memperhatikan film yang anak tonton. Lewat artikel ini, Superparents bisa memilihkan film kartun yang baik dan seberapa lama anak boleh menonton agar tidak merusak kesehatannya.

Hindari tayangan kartun ini

  1. Berisi kekerasan

Jangan berikan anak izin menonton kartun yang menampilkan aksi kekerasan, pertengkaran, atau pertikaian. Baik secara verbal yang lewat kata-kata kasar, atau non-verbal seperti aksi memukul, menampar, menendang, atau menonjok sekali pun sudah dikemas secara hiperbolik dan tidak realistis. Misalnya memukul karakter A sampai gepeng dengan palu gada ukuran jumbo.

 

  1. Menampilkan konten SARA dan berbau seksual

Jangan izinkan anak menonton tayangan kartun yang menyerang, merendahkan, mencemooh, dan memojokkan suku, agama, ras ( dilihat dari warna kulit dan ciri wajah), serta golongan tertentu. Jangan pula menayangkan kartun anak yang kerap membeda-bedakan gender. Tidak sedikit kartun anak yang disempilkan hal-hal berbau pornografi atau tidak seronok.

Selain tiga larangan di atas, sebaiknya hindari juga tayangan kartun yang dapat mendorong anak berperilaku konsumtif. Misalnya jadi minta mau dibelikan mainan ini-itu setelah melihatnya di TV. Maka dari itu, temani anak saat menonton ya Superparents.

 Baca juga : 7 KEBIASAAN BURUK ORANG TUA YANG TIDAK SADAR MENULAR KE ANAK

Cerdas pilih kartun untuk anak

  1. Pilih yang sesuai umur anak

Umumnya anak sudah boleh menonton kartun di umur 16 bulan, karena di umur ini anak sudah menunjukkan ketertarikan terhadap gerakan, warna, suara, dan macam-macam gambar walaupun semuanya belum terlihat jelas. Pastikan Superparents memilih rating SU (semua umur) atau G (general audience). Biasanya kategori ini bisa Superparents lihat di kanan atau kiri televisi. Pembagian detailnya seperti ini :

SU : semua umur di atas 2 tahun

P : usia anak prasekolah 2-6 tahun

A : anak usia 7-12 tahun

 

  1. Pilih film yang temanya sambil belajar

Untuk anak usia 1-2 tahun pilih kartun dengan gambar yang simpel, seperti bola yang bergerak, atau huruf alphabet bergerak sembari diiringi musik. Film ini akan mengasah keterampilan motorik kasar anak. Untuk anak 2-4 tahun, pilih kartun yang bisa mengajak mereka menghafal alfabet, menyebutkan angka, mengajarkan kosa kata baru, atau menebak-nebak gambar hewan atau warna.

Bagi anak 4-5 tahun, pilihlah kartun interaktif yang membuka kesempatan buat anak bermain tanya jawab meski lewat layar layar kaca. Dan untuk 6-12 tahun, Superparents bisa memberikan anak tayangan kartun dengan cerita pahlawan super, persahabatan, keluarga, atau kehidupan sehari-hari, seperti SUPERBOOK! Anak bisa belajar tentang Alkitab sekaligus mengasah EQ dan SQ-nya sekaligus. Tak jarang banyak anak yang mengalami perubahan hidup setelah menonton film Superbook.

 

  1. Tentukan durasi menonton

Agar tetap sehat, waktu menonton anak juga perlu dibatasi. Dokter spesialis anak dan pakar kesehatan anak di seluruh dunia sepakat bahwa durasi nonton tv yang ideal untuk anak usia 2 tahun ke bawah harus kurang dari 1 jam setiap hari, sementara anak-anak usia 2 tahun ke atas maksimal dua jam per hari.

Nah Superparents ingin anak bisa menonton film Superbook secara gratis di rumah sekaligus belajar firman Tuhan bersama keluarga? Yuk dapatkan materinya dengan klik di bawah ini…

Saya Mau SUPERBOOKKELUARGA.COM

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK