ARTICLE

Thu - Apr 19, 2018 / 3029 /

Jangan Bingung Menentukan Metode Pengajaran di Sekolah Minggu! Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Pertanyaan terbesar yang perlu diajukan kepada guru-guru sekolah minggu yang mau mendedikasikan dirinya untuk melayani anak adalah ‘KENAPA ANDA MAU MENGAJAR’? Tidak mudah lho untuk terjun ke dalam pelayanan ini karena sudah menjaga anak orang lain, mendidik mereka, dan masih harus siap menerima teguran serta omelan dari orang tua murid lagi.

Jawaban GSM biasanya ‘karena PANGGILAN’. Ya panggilan seperti apa? Saat kita membaca kisah Musa dalam Keluaran 3: 1-4: 17, disana diceritakan tentang kepemimpinan. Perhatikan perasaan dan kekhawatiran Musa  yang mungkin kakak alami juga ketika diminta memimpin dan mengajar.

Panggilan Tuhan kepada kakak mungkin memang tidak seperti Musa lewat semak terbakar, tapi kebutuhan Tuhan terhadap kemampuan kakak sama kuatnya seperti di zaman Alkitab lho. Seperti Musa, reaksi pertama kita ketakutan dan penolakan. Itu normal sih.

Ketika Tuhan memberikan kita tugas, sebenarnya Dia sudah memperlengkapi kita. Tinggal bagaimana kita percaya diri dan mau atau tidak melakukan kehendak-Nya.

Nah sekarang kalau kakak sudah mau memulai pelayanan kakak kepada anak-anak, kakak perlu tahu bagaimana sih cara yang efektif untuk mengajar. Ada banyak metode dan aktivitas yang dapat digunakan untuk mengajar dan memimpin. Sebagian besar gereja sudah menyediakan kurikulum dan cara mengajarnya kepada anak-anak. Tapi yang perlu diingat adalah yang menentukan metode pembelajaran sebenarnya bukan guru lho, tapi pelajar atau muridnya!

 

Sumber: Lifetime Montessori School

Berikut metode-metode yang biasanya anak-anak gunakan ketika mereka belajar:

Kata-kata: Anak lebih suka belajar lewat membaca, berbicara, berdiskusi, dan kegiatan berbasis bahasa lainnya.

Gambar: Anak lebih suka belajar lewat menggambar, diagram, mind maping, dan bahan visual lainnya.

Pengalaman fisik: Anak lebih suka belajar melalui menari, atletik, permainan, drama, memegang atau memanipulasi obyek, dan kegiatan fisik lainnya.

Musik: Anak lebih suka belajar dengan menyanyi, memainkan instrumen musik, dan berbagai macam pengalaman musikal serta ritmis.

Angka dan pola: Anak lebih suka belajar lewat puzzle, pengalaman, aktivitas yang berhubungan dengan logika analisis, urutan, dan pola.

Refleksi diri: Anak lebih suka belajar dengan  catatan, proyek independen, dan kegiatan reflektif lainnya.

Pengalaman sosial: Anak lebih suka belajar melalui diskusi di grup, proyek grup, roleplay, dan aktivitas lainnya yang dilakukan bersama-sama.

Guru yang efektif mempunyai pengetahuan tentang anak murid dan bagaimana ia mengajar.

Sumber: SheKnows

Setelah kakak bisa menjawab beberapa pertanyaan ini, kakak bisa memutuskan metode apa yang efektif jika dilakukan di sekolah minggu kakak. Pertanyaannya adalah:

1. Umur berapa murid-murid kakak dan apa karakteristik mereka? Apakah mereka sudah bisa membaca? Atau sudah mampu memahami konsep yang abstrak?

2. Apa karakteristik secara fisik dari murid yang kakak ajar? Perlukah mereka ruangan yang cukup besar untuk bergerak dan menggunakan energinya? Apakah materi yang kakak cetak cukup besar membantu penyampaian firman Tuhan kepada anak? Adakah anak yang membutuhkan penanganan khusus, misalnya kursi roda atau asisten untuk menjelaskan (anak tuna rungu dan tuna wicara)?

3. Apa masalah hidup yang dialami oleh anak murid di kelas kakak? Orang tua angkat? Broken Home? Pensiun dini? Bermasalah di sekolah? Dan masalah-masalah apa saja yang anak-anak rasakan di lingkungannya?

Pilihlah beberapa metode yang dapat digunakan secara bergantian dalam sebulan. Jangan takut untuk mencoba beberapa metode dan pendekatan. Kakak justru akan bisa menemukan anak yang lebih responsif dari pada yang dibayangkan.

Ketika kakak sudah mempertimbangkan secara cermat pertanyaan-pertanyaan tadi dan memikirkan kebutuhan anak serta cara belajar yang mereka sukai, kakak akan jauh lebih siap dalam memilih metode dan kegiatan yang bisa membuat kelas menjadi hidup. Ingat ya kak, kakak mengajar anak-anak kesayangan Tuhan! Selamat mengajar....  (CC)

Baca juga:

TIDAK PERLU KHAWATIR KALAU JUMLAH GURU SEKOLAH MINGGU SEDIKIT, COBA METODE INI YUK

PERAGAAN UNTUK SEKOLAH MINGGU TENTANG TUHAN YESUS YANG DATANG KE DALAM DUNIA

4 HAL YANG BISA MEMBANTU KELAS SEKOLAH MINGGU MENJADI MENGASIKKAN UNTUK BELAJAR

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK