ARTICLE

Thu - Apr 05, 2018 / 3581 /

4 Hal yang Bisa Membantu Kelas Sekolah Minggu Menjadi Mengasikkan Untuk Belajar

Tahukah SuperTeacher bahwa kondisi ruang sekolah minggu ternyata berpengaruh pada suasana belajar anak? Kalau ruangannya saja sudah sumpek dan terlalu kecil padahal jumlah anak terlalu banyak, bagaimana anak bisa belajar Firman Tuhan dengan nyaman dan bisa mengerti dengan baik? Superbook kali ini mau berbagi tips dengan para kakak SuperTeacher yang keren.

Langkah paling awal untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektif adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan nyaman bagi anak maupun guru. Ruang kelas sekolah minggu salah satu faktor yang penting lho.

Ruang  kelas bisa dianalogikan sebagai sebuah kolam. Kalau kolamnya kotor dan tidak ada sirkulasi udara yang baik maka ikan bakalan tidak nyaman. Begitu juga dengan ruang kelas,jika ruangan tidak kondusif maka kegiatan belajar yang efektif tidak akan terwujud. Jadi inilah yang perlu kakak guru siapkan untuk mengondisikan kelas:

 

1. Pastikan kelas rapih dan bersih.

Sumber: The School Supply addict

Kondisi ruang kelas yang kotor dan berbau tentu saja sangat mengganggu belajar mengajar sekolah minggu. Dikala anak mau berkonsentrasi untuk mendengarkan Firman Tuhan, mereka terganggu karena pemandangan kelas. Apalagi kalau kelas tidak memiliki bangku dan anak harus duduk di karpet atau tikar. Sebaiknya karpet dan tikarpun sudah dibersihkan.

 

2. Penataan kelas.

Sumber: massschoolbuildings.org

Seringkali kelas sekolah minggu penataannya begitu-begitu saja setiap tahunnya. Tidak ada yang berubah. Akhirnya membuat anak yang hadir menjadi bosan. Apalagi anak-anak sekolah minggu akhirnya duduk dengan teman-temannya yang itu-itu saja (maklum mereka kan masih suka kumpul dengan “gank”nya).

Bagaimana kalau kakak SuperTeacher mengajak mereka bersama untuk merubah suasana dan penataan kelas sesuai dengan keinginan anak-anak. Pasti seru dan tidak membosankan lagi. Mintalah mereka untuk menghias kelas juga sesuai dengan materi yang mereka pelajari hari itu. Misalna tentang Nuh. Kakak bisa mengajak mereka menghias kelas layaknya bahtera.

 

3. Sesuaikan kelas dengan jumlah anak dan perhatikan sirkulasi udaranya.

Sumber: Waldorf School of Baltimore

Ternyata kelas yang terlalu sempit dan pengab bisa membuat anak tidak bisa konsentrasi bahkan cenderung rewel. Sebagai guru saja, mungkin kalau kakak tidak tahan juga akan mengeluh karena panas atau terlalu padat.

Kalau memang kelas tidak bisa menampung jumlah anak yang cukup banyak, sebaiknya ajak anak-anak untuk melangsungkan sekolah minggu di luar ruangan. Anak bisa lho belajar Firman Tuhan lewat sekitar mereka. Malah beberapa hal di luar kelas justru bisa membantu kakak untuk menyampaikan Firman Tuhan, seperti menjelaskan tentang pemeliharaan Tuhan lewat matahari yang bersinar, binatang-binatang, bunga dan tumbuhan.

 

4. Lengkapi dengan media pendukung.

Sumber: maxresdefault

Ini yang seringkali menjadi beban yang cukup berat bagi sebagian gereja. Ada orang yang mau menjadi guru sekolah minggu saja, gereja sudah sangat bersyukur. Apalagi jika sekolah minggunya punya media yang bisa membantu dalam pembelajaran. Memang sih untuk menyediakan media itu harus menggelontorkan sejumlah dana. Apalagi untuk proyektor, tv, laptop, boneka peraga, sticker, dll.

Tapi tenang saja. SuperTeacher zaman sekarang kan sudah sangat kreatif. Metode pembelajaran di sekolah minggu bisa memakai alat peraga dari barang-barang di sekitar kita. Seperti yang Superbook pakai dalam menjelaskan materinya. Misalnya odol, balon, bola, dan masih banyak lagi.

 

Apakah sekolah minggu di gereja kakak sudah cukup menarik kelasnya? Nah kalau masih belum, yuk kita ajak anak-anak membuat kelas mereka lebih nyaman untuk proses belajar Firman Tuhan. Selamat berkreasi. (CC)

Baca juga:

MENGAJARKAN ANAK UNTUK TIDAK MEMENDAM AMARAH DENGAN PERAGAAN “BOM PLASTIK”

PERAGAAN FIRMAN TUHAN “SEDOT TELUR” TENTANG KEJATUHAN MANUSIA DALAM DOSA

6 CARA AMPUH MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN KEPADA ANAK SEDARI DINI

5 CARA MENGAJARKAN ANAK UNTUK MEMBERI, KARENA LEBIH BAHAGIA MEMBERI DARIPADA MENERIMA

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK