ARTICLE

Fri - Apr 06, 2018 / 4830 /

Peragaan untuk Sekolah Minggu Tentang Tuhan Yesus yang Datang ke Dalam Dunia

Tidak mudah bagi guru sekolah minggu (GSM) untuk menggambarkan tentang apa yang Tuhan Yesus lakukan. Selain dalam Alkitab banyak bentuk kiasan, anak juga kesulitan untuk mengerti karena kadangkala pemahaman masing-masing GSM pun berbeda.

Apalagi tentang apa tujuan Tuhan datang kedalam dunia dan mengambil rupa manusia yang lebih rendah. Anak-anak pastinya sudah banyak yang tahu untuk menebus dosa seluruh umat manusia. Tapi bagaimana penggambarannya?

Nah kali ini Superbook mau membantu para GSM dalam menyampaikan poin ini kepada anak-anak melalui peragaan fisika. Selain mereka bisa belajar secara Alkitabiah, mereka juga belajar secara akademis lho. Sebelum kita memulai peragaannya, pertama-tama siapkan dulu bahan dan alatnya:

1 botol air mineral bekas ukuran 1,5 liter

Sumber: Tokopedia

1 botol air mineral bekas ukuran 600 ml

Sumber: Raja Botol

2 buah sedotan plastik

Sumber: Detik Food

Lilin malam (plastisin/ playdoh) atau lem tembak

Sumber: Rumah Kreative

1 teko berukuran lebih dari 1,5 liter berisi air yang diberi pewarna makanan

 

Sumber: Elevenia

Wadah transparan sebagai alas

Sumber: Amazon.com

1 buah balon

Sumber: Tokopedia 

 

Persiapan sebelum memulai sekolah minggu:

Rangkai dan gabungkan 2 sedotan plastik menjadi 1 sedotan yang panjang. Buatlah lubang kecil pada botol air mineral bekas ukuran 1,5 liter dengan jarak 7 cm dari bawah botol. Usahakan lubang tersebut bisa dilalui sedotan. Masukkan sedotan tadi ke lubang yang sudah dibuat tadi sampai ke dasar botol. Arahkan kepala sedotan ke arah atas. Lindungi lubang yang sudah dimasuki sedotan dengan lilin malam/ plastisin/ lem tembak agar tidak ada kebocoran.

 

Peragaan saat sekolah minggu:

1. Peragaan:

Letakkan wadah transparan di atas meja. Kemudian taruh 2 botol air mineral tadi di dalam wadah. Mulai isi botol ukuran 1,5 lt yang sudah dipasang sedotan dengan air sampai penuh lalu tutup botolnya. (Ingat ya kak, kepala sedotan masih menghadap ke atas, jangan kebawah karena air akan menetes.)

Taruh botol 600 ml di sebelah botol 1,5 lt dan arahkan kepala sedotan ke dalam botol 600 ml. Buka tutup botol dan biarkan air mengalir ke botol 600 ml sampai isi airnya setara dengan yang ada di botol 1,5 lt.

Penjelasan:

Tuhan Yesus seperti botol ukuran 1,5 lt ini dan manusia adalah botol ukuran 600 ml. Allah telah mengutus anaknya yang tunggal Tuhan Yesus Kristus untuk turun ke dalam dunia, menjadi sama seperti manusia. Seperti perumpamaan di botol ini.

 

2. Penjelasan:

Lalu apakah tujuan Tuhan Yesus turun ke dunia untuk menjadi sama seperti manusia? (keluarkan semua air yang ada di botol kedalam teko kembali) Ia ingin mencurahkan kasih karunia, kuasa Roh Kudusnya, dan menebus dosa kita semua. Anggaplah air ini adalah kasih karunia, Roh Kudus, dan penebusan dosa. Karunia itu mengalir dari Tuhan lalu memenuhi diri kita saat kita membuka diri dan percaya kepada-Nya.

(masukkan air dari teko ke dalam botol 1,5 lt seperti langkah pertama tadi. Kemudian tiup balon dan tutup mulut botol 1,5 lt dengan balon yang sudah ditiup tadi. Biarkan tekanan udara dari balon, mendorong air untuk mengalir ke botol 600ml sampai penuh)

Ia juga bahkan membiarkan diri-Nya menderita di kayu salib dan seakan kehilangan kuasa-Nya di depan orang banyak, demi menebus dosa kita semua. (pindahkan air yang sudah memenuhi botol 600 ml ke dalam teko. Tiup balon lagi dan tutup mulut botol dengan balon tadi, sehingga air yang bersisa di botol 1,5 lt pindah semua ke botol 600 ml).

Itulah salah satu contoh peragaan yang bisa kakak gunakan di sekolah minggu ya. Bahannya mudah dicari dan tidak sulit menjelaskannya. Selamat berkreasi dan melayani. (CC)

 

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK