ARTICLE

Thu - Jul 08, 2021 / 2070 / Sunday School

Inilah Alasan Kenapa Yesus Disebut Sebagai Anak Manusia dan Anak Allah di Alkitab

Pernahkah kakak atau anak-anak sekolah minggu bertanya-tanya, kenapa Tuhan Yesus di Alkitab disebut sebagai Anak Manusia tapi juga Anak Allah? Jadi maksudnya bagaimana ya? Kata “Anak Manusia” yang merujuk pada Yesus disebutkan 88 kali dalam Kitab Perjanjian Baru. Nah ternyata banyak banget kan kak. Berarti ada makna tersirat dibalik itu yang harus kita ketahui juga.

Arti Yesus adalah Anak Manusia

Kata “Anak Manusia” pertama merujuk pada nubuat dalam kitab Daniel 7:13-14.

Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia ;  datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya. Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.”

Baca juga : PERMAINAN UNTUK SEKOLAH MINGGU YANG MENGAJAK ANAK MENJADI BERANI

Gambaran ‘Anak Manusia’ disini adalah gelar Mesianis kepada Yesus. Allah Bapa dikisahkan seakan sebagai oknum yang terpisah dari Dia memberikan kekuasaan sebagai raja dan kemuliaan pada Yesus. Jadi dinyatakan bahwa Yesus adalah benar-benar seorang manusia.

1 Yohanes 4:2, “Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah.” Ayat ini semakin meyakinkan kita bahwa Yesus datang ke dalam dunia sebagai manusia – yang pada esensinya Dia adalah seorang manusia. Frasa “Anak Manusia” mengindikasikan bahwa Yesus adalah Mesias, dan bahwa Dia adalah manusia sejati.

Arti Yesus adalah Anak Allah

Yang dimaksud dalam Alkitab bukanlah anak Allah dalam konteks hubungan ayah dan anak. Allah bukan menikah lalu punya anak ya. Tapi Yesus itu Anak Allah  dalam konteks Dia sebagai Allah yang menjadi manusia (Yohanes 1:1 & 14).

Kakak masih ingat kan pada saat Yesus diperhadapkan ke mahkamah agama. Ia menghadap Imam besar Kayafas, ahli-ahli taurat, dan tua-tua. Matius 26: 63 & 64,” Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: 'Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.' Jawab Yesus: 'Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.”

Baca juga : 7 KIAT KREATIF BAGI GURU SEKOLAH MINGGU AGAR IBADAH ONLINE SEMAKIN MENARIK DAN BERDAMPAK

Melihat jawaban Yesus seperti itu, para pemimpin Yahudi merespon dengan menuduh bahwa Yesus telah menghujat Allah (Matius 26:65-66). Jadi para pemimpin Yahudi mengerti apa yang dimaksud Yesus dengan ungkapan ‘Anak Allah’. Menjadi Anak Allah = Allah, yang dijelaskan bahwa Yesus memiliki kesamaan hakekat dengan Allah (Yohanes 1:1-14; 5:18-25; 10:30-38). Inilah yang dinilai menghujat oleh pemimpin Yahudi masa itu, sehingga mereka menuntut kematian Yesus sesuai dengan Imamat 24:15.

Jadi gelar 'Anak Allah' bagi Yesus Kristus adalah 'gelar keilahian'. Yesus dan Bapa memiliki 'satu' hakekat, tidak berarti bahwa kedua-duanya itu identik. Inilah yang kita kenal dalam konsep Trinitas. Superbook sendiri pernah membahas hal ini di artikel CARA MUDAH DAN KREATIF MENJELASKAN TRINITAS KEPADA ANAK.

Jika kakak diberkati oleh artikel ini, yuk share dan bagikan artikel ini ke seluruh media sosial yang kakak miliki. Dukung kami terus dalam melakukan pemuridan bagi generasi anak di Indonesia.

DUKUNG

sumber : gotquestions.org, alkitab.sabda.org, sarapanpagi.org

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK