ARTICLE

Thu - Jul 01, 2021 / 830 / Sunday School

Permainan untuk Sekolah Minggu yang Mengajak Anak Menjadi Berani

PPKM sebentar lagi akan diberlakukan. Otomatis ibadah sekolah minggu pun harus dilakukan secara online. Mau tidak mau, guru sekolah minggu (GSM) harus makin kreatif nih dalam menyampaikan firman Tuhan. Kalau anak sudah mulai bosan dengan penyampaian firman Tuhan yang begitu-begitu saja, coba kakak menggunakan permainan atau eksperimen dalam menyapaikan pesannya.

Nah jika sekolah minggu kakak sedang mengajarkan tentang nilai-nilai keberanian, kakak bisa menggunakan permainan atau eksperimen ini saat menyampaikan pesan firman Tuhannya lho.

Baca juga : 7 KIAT KREATIF BAGI GURU SEKOLAH MINGGU AGAR IBADAH ONLINE SEMAKIN MENARIK DAN BERDAMPAK

BAHAN

-          Teko berisi air

-          Gelas transparan (sebaiknya ada gagang /pegangannya)

-          Sepotong kardus yang ukurannya lebih besar dari mulut gelas

-          Seorang asisten

PEMBAHASAN

Saat ini apa sih hal yang paling membuat adik-adik menjadi takut? (anak-anak menyebutkan). Kenapa adik-adik takut pada hal itu? (anak-anak menjawab). Disamping kakak ini ada kak … (sebutkan namanya). Nah kalau kakak ini takut dengan apa ya kak? Oh takut dengan gelap, sakit penyakit, dan nilai jelek katanya (ambil teko berisi air dan tuang sedikit demi sedikit airnya ke gelas transparan, setiap kakak menyebutkan ketakutan si asisten. Kakak melakukan adegan tersebut dengan posisi gelas ada di atas kepala asisten).

(Taruh teko berisi airnya) Nah sekarang di atas kepala kak … ada gelas yang berisi ketakutannya si kakak. Coba kita balik ya (asisten tersebut pasti kaget dan menolak karena takut basah. Kakak hanya berpura-pura mau menuangkan gelas berisi air tersebut ke atas asisten). Ternyata kakak … takut dik, karena gelas-gelas ini berisi ketakutannya ia.

Baca juga : TIPS MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU HEBAT ZAMAN NOW

Coba kita baca bersama, apa yang Tuhan Yesus firmankan di Alkitab dalam Mazmur 55: 22,

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Nah Tuhan pasti akan memelihara kita saat kita takut atau kuatir akan suatu hal. Karena Ia tidak akan membiarkan kita goyah! Jadi kita harus tetap berani, dan meletakkan ketakutan kita kepada Tuhan. Adik-adik bisa berdoa dan mengungkapkan ketakutan adik-adik kepada Tuhan. Agar Tuhan menyingkirkan ketakutan kita dan menggantikannya dengan keberanian serta sukacita.

Ketika adik-adik berdoa dan menyerahkan ketakutan adik-adik kepada Tuhan, maka inilah yang terjadi. (ambil kardus dan letakkan di atas mulut gelas. Secara cepat kakak balik gelasnya sambil kardus it uterus dipegang. Setelah kardusnya menempel di mulut gelas, kakak bisa melepaskan pegangan kakak dari kardus tadi secara perlahan.)

Seperti yang kalian lihat, Roh Kudus membantu dan melindungi agar ketakutan tidak melanda kita lagi. Jadi daripada kita menghabiskan waktu untuk takut ini itu, lebih baik tetap percaya dan beriman pada Tuhan yang memberikan kita keberanian. Pasti Tuhan akan membantu kita.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK