ARTICLE

Fri - Jun 25, 2021 / 624 / Sunday School

7 Kiat Kreatif Bagi Guru Sekolah Minggu Agar Ibadah Online Semakin Menarik dan Berdampak

Aduh… Angka Covid-19 naik lagi. Membuat guru sekolah minggu mulai kebingungan dan galau lagi. Mau ibadah tatap muka atau harus online lagi. Untuk yang berada di perkotaan atau punya akses internet dan jemaatnya punya smartphone mungkin mudah saja. Tapi bagaimana dengan yang ada di pedesaan? Bagaimana juga dengan guru-guru sekolah minggu yang masih kurang fasih menggunakan teknologi? Apa nih yang harus dilakukan agar sekolah minggu tetap berjalan secara maksimal dan anak-anak bisa mengikutinya dengan semangat?

Kali ini Superbook mau membantu kakak-kakak guru sekolah minggu (GSM) yang mungkin mengalami kendala dalam sekolah minggu online di daerahnya. Kiat yang bisa dilakukan bisa dimulai dari hal yang sederhana kok. Ini contohnya:

Baca juga : TIPS MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU HEBAT ZAMAN NOW

  1. Jangan telat

Please kak, saat kita mulai sekolah minggu secara online, kita jangan telat ya. Malah kalau bisa setengah jam lebih awal agar anak melihat bahwa kita sudah siap. Kalau kakak memakai aplikasi Zoom atau Gmeet, kakak bisa membangkitkan atensi dan semangat anak dengan memutarkan video lagu-lagu rohani anak yang ceria dari Youtube sembari menunggu jam sekolah minggu dimulai. Kakak juga bisa menyapa mereka dan menanyakan keadaan anak-anak beserta keluarganya.

 

  1. Saling sapa anak

Berikan waktu kepada anak, bisa 10-15 menit sebelum sekolah minggu dimulai untuk menyapa teman-temannya. Mereka bisa saling berbincang dan curhat secara bergantian, tentang apa pergumulan mereka atau apa yang sedang dirasakan hari itu.

 

  1. Nggak ada alat musik? Don’t worry!

Pemusik mendadak ijin sakit? Jangan kuatir kak! Karena sekolah minggu kita berlangsung secara online, kita bisa menggunakan video dari Youtube sebagai minus one saat kita memuji dan memuliakan Tuhan. Apalagi kalau kakak bisa memilih video yang menarik secara visual, pasti anak semakin semangat.

 Baca juga : TIPS AMPUH MEMBANTU ANAK BERGAUL DI SEKOLAH MINGGU SESUAI DENGAN KARAKTERNYA

  1. Temukan cara kreatif untuk menyampaikan firman Tuhan

Karena bentuknya online, guru bisa mengasah kreativitas lebih lagi namun tidak perlu keluar dana banyak lho. Misalnya mengajak anak untuk menebak tema firman Tuhan dengan tebak huruf atau gambar,  menyampaikan kisah Alkitab dengan video atau gambar menarik, games berburu ayat Alkitab, dll.

 

  1. Tetap bisa berdiskusi

Zoom menyediakan fasilitas untuk breakout room lho kak. Jadi kakak bisa mengajak anak-anak untuk berdiskusi tentang firman Tuhan. Temukan caranya dengan klik disini

 

  1. Kendala sinyal dan perlengkapan

Kalau sekolah minggu kakak ternyata mengalami kendala ini, sebaiknya mulailah bergotong royong dengan GSM-GSM lain di gereja kakak. Bagilah tugas masing-masing, misalnya GSM A pergi ke rumah anak A, GSM B pergi ke rumah anak B, dan begitu seterusnya. Usahakan juga di masing-masing rumah, anak tersebut bisa mengumpulkan beberapa teman sekolah minggunya untuk bersekolah minggu bersama.

Jadi kakak GSM tidak terlalu repot karena harus pergi ke banyak rumah. Yang paling penting, kakak dan anak harus tetap menjaga protocol kesehatan saat bersekolah minggu ya.

 

  1. Persiapan!

Persiapan dan doa adalah hal yang paling penting dalam pelayanan kita. Kalau bisa kak, persiapannya jangan mepet-mepet. Usahakan kakak juga sudah berlatih menyampaikan materi via Zoom atau Gmeet-nya, untuk mengurangi risiko kesalahan teknis ya. Jangan lupa juga untuk berdoa bersama GSM lain agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus dan membuat kita bijaksana ya.

Itulah 7 kiat yang bisa GSM lakukan agar sekolah minggu semakin menarik. Kakak juga bisa menggunakan materi-materi Superbook lho! Selain lengkap, kisah Alkitab disajikan dengan sangat menarik dan diberikan cara-cara kreatif penyampaiannya bagi anak loh. Nah bagi kakak yang sekolah minggunya belum bergabung dengan Superbook, bisa langsung daftar ke link dibawah ini.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK