ARTICLE

Thu - Nov 07, 2019 / 356 / Sunday School

Ini Dia Tips Melatih Kecerdasan Spiritual Anak di Sekolah Minggu

Bangganya ya punya anak-anak yang cerdas baik secara inteligensia, emosional, bahkan spiritualnya juga! Dan ternyata kak, kecerdasan spiritual ini bisa dilihat dari aktivitas otak manusia saat melakukan hal yang bermanfaat bagi kesehatan jiwanya, salah satunya saat beribadah.

Spiritualitas itu erat kaitannya dengan kesehatan karena tubuh, pikiran, dan jiwa itu pada dasarnya saling berhubungan. Jadi kalau anak sudah sejak dini mengenal serta mengamalkan nilai-nilai Kristen dan berpikir secara positif, maka kesehatan maupun kesembuhan mereka juga berjalan sejalan.

Baca juga : MAU MEMURIDKAN ANTI GAGAL? KENALI DULU HAL-HAL BERIKUT!

Ciri-ciri anak yang cerdas secara spiritual:

  • Punya kesadaran akan nilai-nilai Kristen dalam hidupnya, percaya, dan bisa memotivasi dia.
  • Mampu mengatasi masalah sesuai prinsip dan keyakinannya.
  • Menghargai keberagaman dan tidak bersikap kasar kepada orang lain.
  • Merasa butuh memahami akar persoalan dan cenderung bertanya terkait hal itu.
  • Mampu berpegang teguh pada keyakinan diri sendiri.
  • Memiliki manajemen stress yang lebih baik.

Nah sebagai guru sekolah Minggu, pastinya kita mau donk anak-anak yang bersekolah Minggu tidak hanya mengenal firman Tuhan semata, tetapi juga cerdas secara spiritual. Tiap anak memang punya cara yang berbeda untuk mengasah kecerdasan spiritualnya. Ada yang lewat rajin berdoa, berpikir positif, menyanyikan lagu rohani, ikut kegiatan sosial, dan lainnya.

Sumber : doyouremember.com

Tapi ada beberapa cara juga lho yang bisa kakak terapkan di sekolah Minggu untuk melatih kecerdasan spiritual ini.

1. Refleksi dan bersyukur

Saat anak di sekolah Minggu, kakak bisa mengajak anak-anak untuk merefleksikan rencana Tuhan dalam hidup mereka. Bisa dimulai dengan bersyukur atas apa yang telah mereka terima dari Tuhan, kemudian menanamkan bahwa hidup mereka berharga.

2. Mengajak anak untuk terjun langsung dalam kegiatan bakti sosial

Kegiatan amal merupakan kesempatan besar bagi anak untuk belajar mengasah kecerdasan spiritual. Selain anak bisa bertemu dengan anak-anak lain yang punya panggilan sama, mereka juga belajar peduli dengan orang lain serta mengasah kepekaan sosialnya.

Baca juga : MEMURIDKAN GENERASI ANAK? SIAPA TAKUT!

3. Membantu anak yang memiliki permasalahan agar mereka bisa menerima dan membuka diri terhadap perubahan hidup

Tidak mudah bagi anak untuk menghadapi perubahan. Mereka harus mengendalikan emosionalnya dan belajar beradaptasi. Nah biasanya ada saja anak baru di sekolah Minggu yang baru bergabung dan mereka tidak mudah bersosialisasi, disinilah peran kakak untuk membantu mereka beradaptasi.

4. Melakukan kasih tanpa pamrih

“Kasih” adalah nilai terpenting yang Tuhan ajarkan kepada kita, umat-Nya. Oleh karena itu, inilah tugas kita sebagai perwakilan Tuhan di sekolah Minggu, ajarkanlah agar mereka bisa mengamalkan kasih tanpa pamrih seperti orang Samaria yang baik hati.

Itulah cara untuk mengasah kecerdasan spiritual anak-anak sekolah Minggu kakak. Kalau kakak punya tips lain, boleh lho di share di kolom komentar ya. Tuhan memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK