ARTICLE

Tue - Oct 24, 2023 / 69 / Parenting

Ingin Anak Cerdas dan Kreatif? Lakukan Senam Otak!

Usia emas pada anak dimulai dari 0-6 tahun, karena kondisi otak yang sedang berkembang memiliki daya serap yang sangat kuat. Masa inilah pemberian stimulasi yang tepat akan membantu meningkatkan kecerdasannya semakin maksimal.

Stimulasi yang efektif berupa pemberian aktivitas fisik, karena anak-anak yang lebih banyak bergerak akan meningkatkan ingatan, kefokusan, dan pastinya menjadi anak yang lebih pandai. Salah satu stimulasinya dengan melakukan senam otak.

Senam otak adalah rangkaian gerakan juga sentuhan yang bisa menstimulasi otak dengan tujuan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak, selain itu dapat membuat tubuh anak menjadi lebih bersemangat karena aktivitas ini juga merangsang sel-sel tubuh.

Baca juga : 6 KEBIASAAN INI TEREKAM DALAM OTAK ANAK SEJAK USIA 0-7 TAHUN LHO!

Berikut macam-macam gerakan yang dapat anak lakukan :

1. Menggambar dengan Dua Tangan (Double-Doodle)

Berikan anak pensil di kedua tangannya dan minta anak untuk menggambar menggunakan tangan kanan dan kirinya secara bersamaan. Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan fokus pada kedua mata dan mengembangkan keterampilan kedua tangan dalam menulis. . Kemudian minta dia mengambar sebelah menyebelah secara bersamaan.

2. Cross Crawl

Aktivitas ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Minta anak untuk menyentuhkan siku tangan kiri ke lutut kanan, kemudian siku tangan kanan ke lutut kiri secara perlahan. Kegiatan ii akan meningkatkan koordinasi, konsentrasi, dan perhatian anak.

3. Hook-Up

Minta anak untuk duduk dan menyilangkan kaki kiri di atas kaki kanan. Setelahnya minta anak untuk mengulurkan lengan lalu menyilangkan dan mengaitkan jari-jari. Kemudian minta anak untuk dekatkan tangan ke dada sambil menarik nafas dalam 1 menit. Aktifitas ini bertujuan untuk menenangkan sistem saraf anak.

4. The Tapping

Ajak anak untuk meletakkan kedua tangan di meja dengan telapak tagan menghadap ke bawah, kemudian minta anak untuk mengetuk-ketuk jari tangan kanan dan kiri secara bergantian selama beberapa menit. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan memori anak.

Baca juga : MEMBUAT OTAK ANAK BERKEMBANG BAIK DENGAN 9 CARA PENTING INI

 

5. The Brain Wave

Ajak anak untuk duduk dengan tegap dan minta agar anak menutup mata sambil membayangkan tempat indah, kemudian minta anak untuk merasakan sensasi dari tempat tersebut dan biarkan anak untuk berekplorasi dengan imajinasinya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak

Kegiatan senam otak untuk anak ini bisa dilakukan secara rutin 3-5 kali dalam seminggu dan lakukanlah kegiatan ini secara bersama-sama supaya menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk anak. Mari Superparents jangan jemu-jemu untuk terus memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak seperti kata firman Tuhan dalam Mazmur 19:7-10 'Hukum Tuhan itu sempurna, menyukakan hati; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman; perintah-perintah Tuhan itu benar, memberikan sukacita kepada hati; larangan Tuhan itu murni, memberikan kecerahan kepada mata; takut akan Tuhan itu suci, abadi selama-lamanya.'

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK