ARTICLE

Mon - Feb 13, 2023 / 729 / Parenting

6 Kebiasaan Ini Terekam Dalam Otak Anak Sejak Usia 0-7 Tahun Lho!

Anastasia Satriyo, seorang psikolog anak dan remaja membagikan dalam sebuah postingan sosial medianya bahwa ternyata kebiasaan, karakter dan emosi anak akan dibentuk sejak anak berusia 0-7 tahun. Di rentang usia ini, anak akan merekam semua emosi, kebiasaan dan karakter dari orang tua, orang di sekitarnya dan lingkungannya dan akan diingat hingga beranjak dewasa.


Anastasia menjabarkan, ada 6 kebiasaan yang akan terekam di otak anak hingga beranjak dewasa:


1. Anak akan merekam dan menghidupi berbagai emosi yang dia dengar dan rasakan setiap hari. Misalnya emosi senang, bangga, puas, aman, cukup, saling percaya dan mencintai dari orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

2. Anak akan merekam kejadian-kejadian yang terjadi di rumah seperti saat orangtua atau orang dewasa bertengkar, ribut, berselisih paham hingga tindakan kekerasan dan perselingkuhan di rumah. Bayangkan anak berusia 0-7 tahun sudah merekam emosi negatif ini hingga dia beranjak dewasa!

 

Baca Juga: 3 TIPE TEMAN YANG DIBUTUHKAN OLEH ANAK SESUAI FIRMAN TUHAN

 

3. Anak akan merekam dan mewarisi pandangan hidup orang tua dan orang-orang dewasa sekitar. Artinya, jika orang tua memiliki pemikiran yang kolot, maka kemungkinan anak akan ikut mewarisi pemikiran yang sama. Atau jika orang tua menganggap pendidikan tidak penting, maka anak akan tumbuh dengan pola pikir bahwa dia tidak perlu sekolah. Bayangkan, saat anak beranjak dewasa dan mewarisi sikap-sikap pesimistis ini.

4. Emosi anak sudah terbentuk sejak usia 0-7 tahun. Jika orang tua terbiasa marah dan membentak anak, anak akan terbentuk menjadi pribadi yang penakut dan pemberontak.

5. Anak-anak masih mengingat jelas sensasi makanan masa kecil yang paling disukai, bahkan teringat jelas aroma dan warnanya. Begitu juga dengan suara-suara yang muncul dari dalam kamar dan rumah akan terekam selama bertahun-tahun di dalam otak anak hingga dewasanya.

6. Otak anak juga akan merekam atau memiliki memori jangka panjang tentang sosok pengasuh, guru dan orangtua yang setiap hari bersamanya sejak usia 0-7 tahun. Anak akan merekam ekspresi wajah mereka dan menghapal kebiasaan mereka. Seperti bagaimana mereka merespon saat terlambat hingga bagaimana ekspresi wajah mereka ketika menyambut anak pulang sekolah.

 

Baca Juga: UNIKNYA MENANGANI ANAK YANG TANTRUM ATAU MELUAPKAN EMOSI

 

Lewat penemuan ini, kita bisa menyimpulkan bahwa masa kecil anak yang diisi dengan kebiasaan dan karakter buruk dari lingkungan sekitarnya akan menentukan bagaimana anak bertumbuh di masa dewasanya. Jika Superparents ingin menghasilkan anak yang bertumbuh dengan baik, mari memutuskan rantai warisan turun temurun ini dimulai dari Anda.

Pengasuhan anak memang tidak mudah. Karena itu orang tua juga perlu dimuridkan, sama seperti anak. Jika Anda adalah orang tua yang frustrasi dan kelelahan, jangan sungkan untuk mendapatkan pertolongan atau bantuan dari gereja atau pemimpin rohani yang Anda percaya. Cara ini bukan saja menolong Anda tetapi juga mencegah anak mewarisi kenangan-kenangan negatif di masa kecilnya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK