ARTICLE

Thu - Mar 02, 2023 / 649 / Parenting

Ide Kreatif Merayakan Prapaskah Bersama Anak

Masa prapaskah adalah momen untuk umat Kristiani dalam memperingati dimana Tuhan Yesus sengsara, mendapatkan hukuman mati, dan bangkit. Sering kali para orangtua kehabisan ide untuk menghabiskan waktunya bersama anak dan keluarga dalam rangka masa pra paskah nih. Yuk simak ide-ide kreatif berikut ini yang bisa para orangtua lakukan di rumah.

1. Mengenal kisah Alkitab

Dengan membaca Alkitab langsung ataupun dengan membaca buku cerita mengenai berbagai kisah Alkitab tentu sudah dilakukan oleh banyak umat Kristiani, yang sering kali membuat anak merasa bosan. Kalian dapat mengenalkan kisah-kisah Alkitab kepada anak atau adik kalian dengan cara yang unik yang membuat sang anak merasa antusias dalam melakukannya, yakni dengan bermain games.

Para orang tua dapat membuat game board simple dimana didalamnya terdapat tokoh alkitab, kisah alkitab, ataupun fakta-fakta alkitab yang jarang diketahui atau diingat oleh sang anak.

Selain itu, para orang tua dapat melakukannya dengan membuat gambar dari karakter yang akan di ceritakan ataupun memakai properti-properti pendukung untuk membuat sang anak dapat mengimajinasikan kisah tersebut secara nyata.

 

Baca Juga: BUKU TANPA KATA, METODE PEMBELAJARAN KREATIF BAGIKAN KONSEP KESELAMATAN KE ANAK

 

Adapun cara lain yang dapat dilakukan untuk mengenalkan kepada sang anak, yakni secara metafora. Para orang tua dapat menceritikan pengalaman pribadi yang telah dialaminya dan di diselaraskan dengan kisah alkitab.

Dengan begitu, makna yang akan kita sampaikan kepada sang anak dapat tersampikan dengan baik dan anak pun mudah untuk menelaah kisah tersebut. Sehingga sang anak dapat mempelajari setiap kisah-kisah dari alkitab ke kehidupan sehari-hari

 

2. Membuat photobooth

Memperingati masa prapaskah juga dapat dilakukan dengan menyenangkan bersama anak dengan cara membuat simple photoooth di rumah.

Para orang tua dapat melatih kreatifitas anak sekaligus mengenalkan arti dari masa prapaskah itu sendiri. Dimana photobooth ini dapat menggunakan gambar gambar yang telah diambil dari internet kemudian anak dapat mewarnainya ataupun anak dapat diminta untuk menggambarkan secara mandiri.

Hal ini bertujuan untuk membantu anak untuk mengerti dan memahami bagaimana arti prapaskah itu sendiri dengan suatu kegiatan yang menyenangkan.

 

3. Membuat kartu ucapan

Biasanya membuat kartu ucapan dilakukan pada saat momen-momen khusus atau bahagia, tetapi disini orang tua dapat mengajak sang anak untuk membuat kartu yang berisikan ucapan ataupun pergumulan yang sedang dirasakan.

Sehingga dengan cara ini pun dapat membuat kedekatan orang tua dan anak semakin terjalin, dimana setiap anggota keluarga dapat menuliskan pergumulannya lalu dilanjutkan dengan doa bersama.

 

Baca Juga: 4 CARA MUDAH DAN KREATIF BIKIN IBADAH SEKOLAH MINGGU MENGASYIKKAN 

 

4. Menonton film bersama

Sebagian besar anak sangat menyukai menonton film, hal ini dapat dimanfaatkan para orang tua menyediakan waktunya untuk sang anak menonton film bersama keluarga.

Kalian dapat mengajak anak untuk menonton film animasi Kristen pada Channel Youtube Superbook Indonesia yang berjudul 'Detik-detik Sebelum Yesus di Salib' yang bercerita tentang perjalanan penderitaan Tuhan Yesus yang diawali dengan penderitaan di Taman Getsemani hingga bagaimana Tuhan Yesus mati di kayu salib.

Dan diakhir film tersebut orangtua dapat menanyakan kepada sang anak hal apa yang dapat dipelajari ataupun momen apa yang menyentuh hati sang anak yang membuat sang anak tidak akan melupakan momen tersebut.

Sehingga anak pun tahu bagaimana penderitaan yang telah Tuhan Yesus lewati, yang rela mati demi kita untuk menebus dosa-dosa kita. Dan sang anak pun menjadi belajar untuk menjalani hidupnya seturut dengan perintah dan kehendak Tuhan Yesus.

Hal ini lah yang dapat dimanfaatkan para orang tua melakukan bersama anak di rumah tanpa ada rasa bosan yang menghampiri tetapi makna dari masa prapaskah tersebut tersampaikan dengan baik kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Lori

Content Writer
Share :

Tags :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK