ARTICLE

Thu - Jan 28, 2021 / 791 / Sunday School

Inilah Formula yang Membuat Persiapan Sekolah Minggu Menjadi Mudah

Lagi merasa nggak sanggup untuk mengajar sekolah minggu besok? Ragu sama materi yang akan dibawakan? Atau malah belum mempersiapkan apapun nih untuk sekolah minggu. Punya materi atau nggak, formula ini bisa membantu mempermudah kakak dalam mempersiapkan sekolah minggu lho!

Langkah pertama yang perlu kakak lakukan sebelum mempersiapkan sekolah minggu adalah mulailah dari melakukan saat teduh setiap harinya. Renungkan Firman Tuhan yang kakak dapatkan agar bisa menjadi penguatan dan inspirasi.

Bahan atau materi

Kalau kakak belum memiliki materi yang bisa digunakan untuk mengajar di sekolah minggu, atau sudah ada materinya tetapi terlalu sulit untuk dibahas kepada anak-anak, kakak bisa menggunakan bahan saat teduh kakak sebagai materi. Tentunya kakak harus menyesuaikan juga dengan umur anak-anak ya.

Baca juga : TIPS MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF DAN EMPATI KEPADA ANAK MELALUI SEKOLAH MINGGU ONLINE

Tetapi kalau kakak sudah punya bahan atau materinya, kakak bisa merenungkan dan membawa nya dalam doa saat bersaat teduh. Agar apa yang akan kakak sampaikan nantinya bisa kontekstual, dimengerti anak, dan berdampak dalam kehidupan mereka.

Kuncinya : biarkan saat teduh atau renungan harian kakak berfungsi sebagai persiapan mengajar kakak!

 

Keuntungan menggunakan formula ini?

  1. Punya hubungan yang baik dengan Tuhan.

Kita akan kesulitan menyampaikan firman Tuhan dengan baik dan benar kalau kita juga tidak dekat dengan-Nya. Saat kita mau meluangkan waktu bersaat teduh, merenungkan firman-Nya setiap hari, dan berdoa, Tuhan bisa berbicara serta membentuk kita. Ketika sudah terbiasa punya waktu bersama Tuhan secara konsisten, kakak guru sekolah minggu juga pastinya lebih siap dalam mengajar.

 

  1. Terbiasa hidup dalam firman Tuhan

Setiap guru sekolah minggu harus rajin membaca firman karena kita akan mengajarkannya kepada anak-anak! Saat teduh setiap hari plus mempersiapkan materi mengajar dengan sungguh-sungguh bisa membuat kita semakin tajam dalam mengajarkan firman Tuhan.

 

  1. Menghidupi pelajaran

Dengan kata lain, menjadi guru sekolah minggu berarti menjadi TELADAN ANAK. Kita menghidupi firman Tuhan yang kita ajarkan kepada anak ke dalam kehidupan pribadi. Dengan begitu, anak-anak bisa melihat dan meniru teladan yang baik dari kita.

 Baca juga : BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT SEKOLAH MINGGU DI GEREJA SAYA MENJADI EFEKTIF?

  1. Hafal dengan materinya

Saking seringnya kita membaca firman Tuhan, ingatan kita tentang firman itu sendiri sudah sangat melekat. Jadi ketika mengajar, kita bisa lebih dekat dengan anak dengan berfokus pada cara penyampaian langsung kepada mereka. Kita bisa lebih sering melakukan kontak mata.

 

  1. Sharing

Kakak bisa membagikan semua hal hebat yang telah Tuhan lakukan di hidup kakak selama ini. Cara ini bisa meyakinkan anak-anak bahwa firman Tuhan benar-benar hidup dan bisa berdampak dalam kehidupan. Kakak juga bisa membantu anak menyelesaikan masalah mereka.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK