ARTICLE

Mon - Jun 29, 2020 / 184 / Parenting

Cara Mudah dan Efektif Membangun Ibadah Keluarga di Rumah

Sumber gambar : Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Apa sih arti keluarga menurut kamu? Kalau di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti keluarga itu ada 4 lho. Artinya bisa orang-orang seisi rumah, sanak saudara, dan satuan kerabat yang mendasar di masyarakat. Kalau untuk mimin sendiri, keluarga itu sangat berharga karena merekalah yang mendampingi, menyemangati, menghibur, membantu, dan banyak hal baik lainnya selama mimin hidup.

Tahukah kamu kalau hari ini adalah Hari Keluarga Nasional (Harganas)? Menurut Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Harganas diperingati dengan tujuan menumbuhkan rasa kebersamaan. Jadi ada nih yang mendefinisikan kalau hari ini tidak hanya untuk keluarga dalam artian yang bertalian darah, tapi juga untuk kelompok masyarakat.

Baca juga : 8 HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM PEMBUKAAN SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Untuk merayakan Harganas hari ini, yuk kita mengenang kembali, apakah di keluarga kita pengajaran kasih dan karakter Kristus sudah benar-benar mengakar bagi setiap anggotanya? Membangun keluarga Kristen yang kuat sebenarnya bisa kita lakukan sehari-hari.

Ulangan 11: 18-19

“Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun;”

Seperti pada ayat di atas, tugas kita sebagai Superparents adalah menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai Kristiani dalam keluarga dimanapun, kapanpun. Kita dan anak bisa saja mengalami banyak godaan dan pencobaan yang datang, tapi jangan takut. Teruslah berkomitmen untuk adakan ibadah keluarga, agar anak-anak belajar juga bagaimana mereka bisa menghadapi godaan dan cobaan lewat firman Tuhan.

Apakah Superparents sudah melakukan ibadah keluarga di rumah? Kalau belum, Superbook mau membantu Superparents dengan memberikan pedoman untuk memulai ibadah keluarga.

  1. Panduan hidup lewat firman Tuhan

Lakukan ibadah keluarga dengan membaca Alkitab dan berikan penjelasan tentang isinya, terutama kepada anak. Biarkan anak untuk bertanya, berkomentar, dan buat seinteraktif mungkin.

 Baca juga : 3 HAL YANG WAJIB DIAJARKAN KEPADA ANAK AGAR TIDAK TERMAKAN ISU SARA

  1. Doa bersama

Ajak keluarga melakukan doa bersama, dan bisa dipimpin secara bergantian dengan cara masing-masing. Superparents juga bisa mengajak semua anggota keluarga saling mendoakan satu dengan lainnya. Melalui cara ini, Superparents juga jadi tahu apa saja hal yang menjadi pergumulan anak.

 

  1. Bernyanyi memuji dan menyembah Tuhan bersama

Ketika Tuhan dimuliakan melalui keseharian kita, disinilah keluarga kita terbangun nilai-nilai Kristianinya. Kalau bisa bawakan yang sesuai dengan firman yang sedang dibahas. Jelaskan makna lagu pujian dan penyembahan yang dinyanyikan kepada seluruh anggota keluarga agar mereka dikuatkan dalam menghadapi hari-hari.

Yuk jadikan waktu ibadah keluarga ini sebagai waktunya Tuhan menumbuhkan keluarga kita. Jika kita tidak menumbuhkan kerohanian anak-anak kita, maka orang lain yang akan melakukannya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK