ARTICLE

Tue - Nov 06, 2018 / 601 / Parenting

Cara Mengasuh Anak Sesuai Alkitab yang Efektif dan Mudah

Mengasuh anak itu susah-susah mudah. Tidak ada sekolah atau pelajaran khusus tentang hal ini. Mengasuh dan mendidik anak adalah mandat  Tuhan pada setiap kita. Cara yang pasti ampuh dan  efektif dalam mendidik serta mengasuh anak, yaitu Firman Tuhan.

Melalui Alkitab, SuperParents bisa menerapkan 5 cara pengasuhan seperti ini:

1. Didik mereka untuk selalu berpusat pada Kristus

Jadilah teladan bagi anak dalam iman. Bentuklah karakter, kepribadian, dan sikap anak selalu berpusat pada Firman Tuhan.

Baca juga: PERTANYAAN EFEKTIF YANG BISA MENGAJARKAN ANAK UNTUK BELAJAR DARI KESALAHANNYA

Dalam Yesaya 55: 8-9 dituliskan, “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” Ayat ini harus terus menerus kita perkatakan atas anak-anak kita. Supaya mereka menyadari bahwa hidup mereka berharga di hadapan Tuhan.

 

2. Mengajarkan anak disiplin

Kedisiplinan itu penting untuk mmebangun karakter yang kuat di dalam diri anak. Saat akan dididik dengan disiplin, percayalah mereka akan besar dengan kesadaran akan tanggung jawab, rasa penghormatan, dan keinginan untuk terus maju di masa depan.

 

Sumber: pexels

3. Membiasakan dan mengajarkan anak untuk hidup sederhana

Kebanyakan anak jatuh dalam pergaulan yang buruk karena orangtua membiasakan mereka hidup dengan kehidupan yang mewah dan bebas. Saat anak terbiasa menikmati kehidupan yang menyenangkan, serba ada dan penuh dengan kebebasan saat itulah anak tidak akan mampu memandang dunia dari perspektifnya Tuhan.

Anak harus diajarkan soal kehidupan sederhana Yesus. Bagaimana Yesus bergaul dengan orang-orang sakit, yang terbuang dan miskin. Bangun karakter kesederhanaan di dalam diri anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan-kegiatan sosial, mendidiknya dengan kemandirian dan melibatkannya dalam beragam kegiatan kemanusiaan.

 Baca juga : 6 KESALAHAN FATAL YANG ORANG TUA LAKUKAN PADA GENERASI MILENIAL

4. Mendorong perkembangan kerohanian anak

Pertumbuhan kerohanian dibangun melalui mezbah keluarga. Saat orangtua punya kebiasaan rohani yang baik, maka hal ini pastinya akan menular kepada anak. Sehingga seiring pertumbuhannya, anak akan hidup bergantung kepada Tuhan.

 

5. Berusaha mengerti dan punya waktu berkualitas bersama anak

Setiap anak memiliki pergumulan, sama seperti kita orang dewasa walaupun memang skala yang mereka hadapi masih ringan. Sisihkanlah waktu berkualitas dengan anak Anda setiap pulang bekerja ataupun weekend untuk mendengar keluh kesah dan pendapat mereka. Dengan begitu komunikasi dan kedekatan antara orangtua dengan anak selalu terbina baik.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK