ARTICLE

Thu - Oct 18, 2018 / 1042 / Parenting

6 Kesalahan Fatal yang Orang Tua Lakukan Pada Generasi Milenial

Orang tua zaman sekarang hidup dekat dengan teknologi. Sayangnya tidak sedikit orang tua yang akhirnya dikuasai oleh teknologi dan lupa pada keluarganya sendiri. Akhirnya anak-anak mereka mendapatkan dampak akibat kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan oleh orangtuanya. Lalu apa saja sih kesalahan itu? Bisakah kita menghindarinya?

Berikut contoh kesalahan dan kebiasaan orangtua yang seringkali dilakukan secara tidak sengaja oleh Elizabeth Santosa, psikolog dan Komisioner Komnas Anak:

Sumber: Wanita Indonesia

1. Emotional Neglecting

Mengabaikan anak ketika mereka ada di sekitar kita kadang secara tidak sengaja kita lakukan. Hayo ingat-ingat SuperParents, berapa kali Anda tidak melihat anak ketika mereka sedang berbicara dengan kita?

 Baca juga : 8 AYAT ALKITAB YANG MENGGAMBARKAN KASIH BAPA KEPADA ANAKNYA

2. Alergi dengan “hukuman”

Banyak orangtua zaman dulu mengatakan kalau orangtua zaman sekarang alergi untuk menghukum dan memarahi anaknya. Hasilnya anak lebih pembangkang. Perlu dijelaskan kembali, memang orangtua zaman sekarang HARUS memberlakukan KONSEKUENSI, bukan hukuman. Kalau mau tahu lebih dalam apa saja konsekuensi itu bisa dilihat pada artikel berikut ini : APA BEDANYA HUKUMAN DAN KONSEKUENSI UNTUK ANAK?

 

Sumber: vitamarg.com

3. Memakai paradigma yang salah

Karena perubahan generasi begitu cepat, kita harus mengerti bagaimana menangani mereka sesuai zamannya. Tidak perlu dipengaruhi pendapat oleh orangtua-orangtua kita sebelumnya yang selalu menilai cara mendidik orangtua zaman sekarang salah. Padahal paradigma itu yang harus diubah.

 

4. Salah aturan

Atur prioritas anak. Jangan sampai gadget mengatur kita, tapi kitalah yang mengatur gadget.

 

Sumber : HarianIndo

5. Terlalu permissive

Orangtua merasa ada perasaan bersalah kalau tidak memenuhi keinginan anaknya. Padahal kalau kita melakukan hal itu terus, itu namanya memanjakan.

 

6. Tidak ada disiplin

Tidak ada disiplin yang enak. Tapi jika kita melakukannya dengan jelas dan kontinu kepada anak, kita akan menuai karakternya di masa depan.

Mau tahu lebih lanjut pembahasannya? Yuk lihat video berikut ini:

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK