ARTICLE

Fri - Dec 21, 2018 / 702 / Parenting

Berikan Anak Motivasi dengan 7 Cara Efektif Memberikan Pujian

Tidak ada salahnya kita memberikan pujian ke anak lho! Selain membuat mereka semakin percaya diri, mereka akan berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap kegiatannya.

Tapi jangan berlebihan juga SuperParents dan SuperTeacher, agar anak tidak jadi seorang yang takut gagal, terlalu cepat puas, tidak bisa menerima kritik, terbebani, yang terlalu ‘caper’ (agar mendapat pengakuan) dan tinggi hati. Gimana sih caranya menyampaikan pujian yang efektif bagi anak? Yuk kita simak caranya:

1. Pujian diberikan langsung setelah anak menunjukkan perbuatan baik

Jangan tunda-tunda jika Anda mau memberikan pujian kepadanya. Karena anak tidak akan merasa tersentuh lagi dan bahkan bisa lupa dengan perbuatan yang sudah ia lakukan, jika Anda memberikan pujiannya atas kejadian yang sudah berlalu.

 Baca juga: 6 ANAK LUAR BIASA INI AKAN MENGUBAH CARA PANDANGMU DAN MEMBUATMU TERMOTIVASI

2. Berikan pujian yang spesifik terhadap perbuatannya.

Anak akan merasa usahanya lebih dihargai karena mendapat pujian atas perbuatannya.

 

3. Fokus pada proses bukan hasil.

Harga diri anak akan meningkat ketika kerja kerasnya dipuji oleh Anda. Misalnya akan lebih berharga ketika Anda berkata, “Mama bangga sama kamu karena telah berhati- membawanya tanpa jatuh, padahal susah ya sayang?” Dibanding dengan, “Bagus nak, yang penting barangnya jangan ada yang jatuh.”

 

4. Puji dengan tulus.

Anak-anak akan merasa puas karena mendapatkan pujian yang diucapkan dengan tulus.

 Baca juga: KEPUTUSANNYA BERTAHAN HIDUP DAN MENGIKUT TUHAN ADALAH YANG TERBAIK

5. Pujian bisa diberikan secara non-verbal lho.

Pujian itu nggak cuma berupa kata-kata, tapi bisa dilakukan dengan memberikan pelukan, mengusap kepala, tos tangan, menyampaikan secara antusias, memberikan jempol, senyum, dan kontak mata. Kalau Anda sudah melakukan yang mana?

 

6. Berikan pujian yang realistis dan tidak berlebihan.

Jangan lupa, berikan pujian sesuai porsinya agar anak tidak lupa esensi pujian itu sendiri.

 

7. Pujian itu motivasi

Pujian adalah bentuk motivasi eksternal yang berfungsi untuk meningkatkan harga diri anak, mengajarkan agar tidak pantang menyerah, dan memperkuat hubungan orangtua dengan anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK