ARTICLE

Fri - Feb 01, 2019 / 843 / Sunday School

Belajar Doa dengan Cara Menyenangkan Lewat Beberapa Kegiatan Ini

Cara paling baik untuk belajar bagi anak-anak yang kecil adalah lewat bermain. Aktivitas yang menyenangkan ini, dapat mengajarkan anak bagaimana caranya berdoa dan mengapa doa itu penting untuk menjadi bagian hubungan anak dengan Tuhan. Semua metode ini bisa SuperParents dan SuperTeachers lakukan di rumah maupun sekolah Minggu lho.

 

Sebelum dan sesudah aktivitas berdoa.

Mengawali dan mengakhiri hari dengan doa adalah cara yang luar biasa agar anak mempunyai hubungan bersama Tuhan tanpa gangguan. Untuk menggunakan metode ini di sekolah Minggu, kakak bisa melakukannya sebelum dan sesudah sekolah Minggu berlangsung.

Baca juga: SELUK BELUK PENTINGNYA KELOMPOK KECIL DALAM SEKOLAH MINGGU

Dan dirumah, SuperParents bisa mengajak anak berdoa sebelum mereka pergi sekolah, menitipkannya ke babysitter, dan sebelum melakukan kegiatan apapun. Lewat cara ini, anak bisa berlatih mendoakan guru, teman-teman, pelajaran, dan bahkan pergumulan mereka di sekolah. Dengan begitu, rasa tertekan dan stress anak cukup berkurang.

Kalau anak masih belum sekolah dan terlalu kecil, SuperParents bisa mengajaknya berdoa sebelum makan, sebelum tidur, dan dalam kegiatan apapun. Anak juga bisa belajar untuk mengucap syukur atas kegiatan yang telah mereka lewati.

 

Sumber : Guideposts

Permainan 5 Jari

Permainan ini bisa membantu anak mengingat fakta dan konsep dari doa itu sendiri. Untuk melakukan permainan “Doa 5 Jari” ini, anak-anak bisa membentuk tangannya seperti sikap berdoa, lalu gunakan setiap jari sebagai petunjuk dalam berdoa. Kakak bisa jelaskan kepada anak-anak bahwa setiap jari digunakan sebagai pengingat.

Misalnya, jempol karena posisinya dekat dengan kita melambangkan doa yang dipanjatkan untuk orang-orang yang dekat dengan kita. Jari telunjuk yang biasanya digunakan untuk menunjuk, melambangkan guru sekolah atau guru sekolah Minggu. Jari tengah karena dia paling tinggi diantara jari yang lain, melambangkan para pemimpin, seperti presiden dan negara. Jari manis karena paling lemah dibanding yang lain, mengingatkan anak untuk mendoakan orang yang sakit, membutuhkan, dll. Dan terakhir, jari kelinking karena paling kecil melambangkan kita.

 Baca juga : BELAJAR MENJADI LEADER DARI PERAN GURU SEKOLAH MINGGU

Doa ACTS

Doa ini ada 4 langkah: Adoration (Penyembahan), Confession (Pengakuan), Thanksgiving (Bersyukur), dan Supplication (Permohonan). Mungkin diawal anak akan cukup mengalami kesulitan untuk menghafal dan membiasakan diri dengan arahan doa ini. Tapi saat sekolah Minggu, kakak rajin mengulangnya dan melatih mereka, nantinya anak akan terbiasa berdoa sesuai stuktur ini. Jelaskan kepada anak arti masing-masing akronim kata ini:

Sumber : Guideposts

Penyembahan  : Pertama, katakan pada Tuhan seberapa besar cinta dan kasih sayangmu kepada Tuhan lewat doa.               

Pengakuan         : Selanjutnya, akui pada Tuhan apa salah dan dosa yang telah kemu perbuat. Mintalah pengampunan pada Tuhan dan mintalah bantuan-Nya agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Bersyukur           : Pikirkan semua hal positif di hidupmu dan bersyukurlah pada Tuhan atas semua berkat dan penyertaan-Nya.

Permohonan     : Doakan seseorang yang membutuhkan bantuan Tuhan, kemudian terakhir baru doakan kebutuhan dan permasalahan anak.

 

Musik penyembahan dan doa.

Aktivitas ini menggabungkan musik dan doa, biasanya dijadikan jembatan untuk perpindahan dari aktivitas satu ke aktivitas lainnya. Musik puitis memiliki pengulangan, ini cara yang bagus untuk anak belajar berdoa. Anak-anak biasanya menyukai energi dalam menyanyikan lagu pop kontemporer dan musik penyembahan. Inilah yang membuatnya mudah mengingat liriknya.

Setelah anak-anak mendengarkan dan bernyanyi sebuah lagu, bahaslah lagu itu bersama anak. Tanyakan kepada mereka arti lirik, bagaimana makna lirik tersebut mempengaruhi hidupnya, dan bagaimana lirik itu relevan dengan firman Tuhan.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK