ARTICLE

Tue - Sep 07, 2021 / 259 / Inspirational

Bantu Anak Mengatasi Rasa Takut dengan Menjelaskan Firman Tuhan Ini

Usia yang masih muda sehingga belum memahami berbagai macam hal dan kejadian di lingkungan sekitarnya, bisa membuat anak mudah takut. Sebagai Superparents, seharusnya kita justru tidak mencemoohnya atau memberikan label ‘penakut’ padanya. Justru kitalah yang perlu membantu mereka dalam mengatasi ketakutannya.

Sebagai orang percaya, kita punya Alkitab sebagai sumber referensi dalam pola asuh kita. Di Alkitab kita memang akan menemukan kata-kata ‘takut akan Tuhan’. Dan saat anak-anak membacanya, mereka pasti akan mulai mengartikannya dengan cara yang salah. Paling buruknya, anak-anak bisa merasa sangat ketakutan ketika melakukan kesalahan bukan hanya kepada ayah dan ibunya, tapi juga kepada murka Tuhan.

Baca juga : BELAJAR DARI DANIEL UNTUK MENGGUNAKAN KESEMPATAN DENGAN BIJAK

Konteks takut sesuai Alkitab

‘Takut akan Tuhan’ di dalam Alkitab sendiri diartikan sebagai rasa hormat yang besar. Bukan ketakutan tapi penghormatan. Takut akan Tuhan juga bisa ditunjukkan dalam bentuk sikap mengasihi Dia dan menghargai semua ciptaan-Nya. Bahkan memuji Tuhan pun sudah termasuk sikap ‘takut akan Tuhan’.

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” (Roma 3: 23-24)

Ayat ini menyampaikan bahwa semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Gak ada yang akan lepas dari itu. Tapi karena kerentanan itulah Yesus rela mati untuk semua orang. Tapi bukan berarti kesalahan yang kita lakukan bebas dari konsekuensi.

Bagaimana cara menolong anak dari rasa takut atas tindakan teman-temannya?

Mintalah anak untuk menulis daftar tokoh pahlawan iman dari Alkitab. Setelah itu sampaikan cara yang dilakukan masing-masing tokoh saat menghadapi musuhnya. Ajari mereka untuk tidak perlu jadi populer demi diterima oleh orang lain.

Selain itu, sampaikan kepada anak bahwa setiap orang bahkan orang paling lemah sekalipun punya teman terbaik dalam hidupnya yaitu Tuhan. Karena itulah penting untuk mengingatkan mereka untuk selalu membangun hubungan dengan Tuhan.

Baca juga : 5 CARA MENGAJARKAN ALKITAB KEPADA ANAK SECARA TEPAT DAN MENYENANGKAN

Jangan takut karena Tuhan menyertai anak

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Ulangan 31: 6)

Tuhan juga peduli dengan rasa sakit dan ketakutan setiap orang. Ingatkan anak bahwa ada banyak orang yang mengasihi mereka. Kita juga bisa menghindarkan mereka dari berbagai hal yang menakutkan. Misalnya, melarang anak menonton film atau acara televisi bersifat horor dan penuh kejahatan. Anak-anak tak perlu melihat sesuatu yang membuat mereka takut.

Intinya, ingatkan anak untuk kembali kepada kebenaran firman Tuhan. Apabila anak masih mengalami ketakutan dan membutuhkan bantuan doa, mari hubungi Sahabat24 yang siap membantu Superparents selama 24 jam.

SAHABAT24

Sumber : Jawaban.com

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK