ARTICLE

Mon - Sep 06, 2021 / 451 / Inspirational

Belajar dari Daniel untuk Menggunakan Kesempatan dengan Bijak

Tuhan telah memberikan kesempatan hidup untuk semua orang. Kehidupan adalah kesempatan kita menjadi makna, manfaat, dan berkat bagi orang lain. Untuk itulah kita harus menggunakan kesempatan yang telah Tuhan berikan ini dengan baik dan sebijaksana mungkin. Salah satu tokoh Alkitab yang bisa menjadi teladan kita dalam ‘menjalani kesempatan’ ini adalah Daniel.

Sebelumnya kita bisa membaca Daniel 1:8, 2:28, dan 6: 1-29 agar kita mendapatkan bayangan apa yang telah dilakukan oleh Daniel. Dari kisah ini, anak-anak dan kita orang dewasa bisa belajar :

  1. Kesempatan yang disebabkan oleh situasi

Daniel justru dihadapkan dengan situasi yang bertentangan dengan nilai-nilai dirinya. Tapi dia tidak menjadi rakus dan memanfaatkan kesempatan untuk melakukan hal yang salah. Daniel tetap dengan nilai hidupnya, yaitu menaati perintah Allah.

 Baca juga : 5 CARA MENGAJARKAN ALKITAB KEPADA ANAK SECARA TEPAT DAN MENYENANGKAN

  1. Kesempatan yang disebabkan oleh kebutuhan

Saat Raja Nebukadnezar bermimpi dan membutuhkan penafsir mimpi, hanya Daniel yang mampu menjelaskan arti mimpinya. Ia akhirnya diangkat menjadi penguasa dan kepala semua orang bijaksana di Babel. Sampai berganti ke pemerintahan Raja Darius, Daniel tetap diangkat menjadi pejabat tinggi. Daniel mendapatkan kesempatan menjadi pemimpin karena kebutuhan.

 

  1. Kesempatan karena pilihan

Karena pejabat tinggi lainnya di Babel iri kepada Daniel, mereka bersepakat untuk membuat aturan yang bisa menjatuhkan Daniel. Larangan itu adalah dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia selai raja, maka ia akan dilemparkan ke dalam gua singa.

Baca juga : MALAIKAT PELINDUNG: APAKAH BENAR-BENAR ADA? SIMAK DISINI

Tapi Daniel tetap memilih imannya, yaitu menyembah Allah yang hidup sehingga harus di buang ke gua singa. Namun dari situlah, Allah menyatakan kuasa-Nya dan menyelamatkan Daniel dari terkaman singa-singa.

Terkadang kita dan anak-anak diperhadapkan dengan kesempatan, tapi kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Apalagi saat situasinya tidak mendukung. Apakah kita akan tetap bertahan dengan nilai-nilai Kristus, atau malah jatuh ke dalam dosa?

Untuk itu, marilah kita mencari Tuhan dan memperkuat iman dengan sungguh-sungguh agar dapat menggunakan kesempatan yang Tuhan berikan dengan benar serta bijak.

Bagi kakak yang ingin didoakan baik untuk pekerjaan, keluarga, rumah tangga, kesehatan dan hal lainnya, kakak bisa menghubungi team Sahabat 24 yang siap melayani selama 24 jam.

Saya Mau

Sumber : fokushidup.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK