ARTICLE

Thu - Sep 02, 2021 / 364 / Inspirational

5 Cara Mengajarkan Alkitab Kepada Anak Secara Tepat dan Menyenangkan

Alkitab memang menggunakan bahasa yang kadang sulit dimengerti, apalagi oleh anak-anak. Padahal sebaiknya anak sedari dini mengenal Firman Tuhan agar mereka tidak disesatkan oleh dunia dan karakter mereka terbentuk dengan baik.

Oleh karena itu, diperlukan peran orang tua dan guru sekolah minggu untuk menjadi translator yang baik bagi anak. Kita harus bisa mengolah bahasa Alkitab menjadi bahasa yang mudah dicerna oleh anak sesuai dengan usianya. Caranya tidak sulit-sulit banget sih :

  1. Ajak anak untuk membaca Alkitab bersama

Kita bisa mengajak anak membaca bersama isi Alkitab baik setiap hari dan pada saat mereka bersekolah minggu. Bagi anak yang belum bisa membacanya, kakak bisa bacakan ayatnya dengan perlahan dan ekspresif agar anak mengerti maksudnya. Jika kebiasaan ini selalu dijalankan, maka anak dengan sendirinya akan mudah mengerti dan termotivasi untuk rajin membaca Alkitab.

 Baca juga : MALAIKAT PELINDUNG: APAKAH BENAR-BENAR ADA? SIMAK DISINI
  1. Menghidupi firman Tuhan dalam setiap kondisi kehidupan

Cara mudah membuat anak tertarik belajar Alkitab adalah memakainya dalam setiap kondisi hidup. Misalnya saat kakak berjalan-jalan bersama anak untuk melihat keindahan alam, kakak bisa jelaskan bahwa Tuhanlah yang menciptakan semua keindahan ini sesuai dengan gambar-Nya (Kejadian 1-2). Lalu disaat anak mendapatkan mainan, mereka harus menyadari bahwa itu semua berkat dari Tuhan dan anak harus bersyukur (1 Tesalonika 5:18).

 

  1. Memberi teguran dengan firman Tuhan

Wajar kalau anak melakukan kesalahan. Kita harus menanggapinya dengan memberikan teguran yang baik agar mereka tidak mengulangi kesalahannya lagi. Kita bisa menggunakan firman Tuhan untuk menegur sekaligus memberikan pemahaman tentang apa yang Tuhan harapkan agar anak lakukan. Dengan begitu anak akan terbiasa memegang teguh firman Tuhan.

 

  1. Menyanyikan firman Tuhan bersama

Lebih menyenangkan dan mudah saat kita belajar firman Tuhan dengan cara bernyanyi. Bukan hanya bisa belajar, firman akan lebih mudah diingat juga lho!

 Baca juga : 4 JENIS KASIH YANG ADA DALAM ALKITAB DAN PEMBAHASANNYA

  1. Games

Siapa sih yang tidak suka bermain? Cara yang terakhir adalah dengan melakukan games. Bisa games menghafal ayat, menebak cerita Alkitab, menyusun ayat dalam Alkitab, dan masih banyak lagi.

Itulah yang bisa Superparents dan guru sekolah minggu lakukan dalam mengajarkan Alkitab/ firman Tuhan. Yuk kita ajak anak belajar Alkitab dari sekarang! Superparents bisa lho mendapatkan materi pembelajaran keluarga di :

Superbookkeluarga.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK