ARTICLE

Wed - Nov 04, 2020 / 1503 / Parenting

Bantu Anak Menemukan dan Mengembangkan Bakatnya dengan 5 Cara Kreatif Ini

Tuhan menciptakan semua manusia berbeda-beda dengan keunikannya masing-masing. Itu yang menjadikan manusia begitu spesial di mata Tuhan. Ia juga menciptakan anak-anak dengan berbagai macam talenta untuk memuliakan nama-Nya. Jadi jangan bersedih kalau anak kita kok kemampuannya tidak seperti anak lain ya. Siapa tahu justru mereka punya talenta lain yang kita tidak pernah tahu.

Jika Superparents kesulitan dalam menemukan bakat dan kemampuan istimewa pada anak, Superbook bantu memberikan jalan keluar agar mereka bisa mempergunakan talenta yang telah Tuhan berikan kepadanya.

  1. Memberikan contoh dari tokoh Alkitab

Bacalah bersama anak cerita dari tokoh-tokoh yang ada di Alkitab. Jelaskan kepada anak kemampuan dan bakat masing-masing tokoh tersebut serta bagaimana mereka mempergunakannya untuk memuliakan nama Tuhan.

 Baca juga : 5 DOA KUAT YANG BISA DIAJARKAN KEPADA ANAK-ANAK AGAR MASA DEPAN MEREKA LEBIH BAIK

  1. Menyadari kelebihan

Jika di keluarga terdapat lebih dari satu anak, Superparents bisa menyediakan poster besar yang dibagi beberapa kolom sesuai jumlah anak. Lalu tuliskan nama masing-masing anak di kolom tersebut. Ajak anak setiap harinya bergantian mengisi kelebihan yang dimiliki anak lain sesuai dengan kolom namanya. Kemudian di akhir bulan, Superparents bisa membahas tulisan tersebut bersama dengan anak-anak sambil mengevaluasi sebenarnya bakat apa yang mereka miliki.

 

  1. Kegiatan yang bisa mengungkapkan bakat dan minat anak

Temukan aktivitas yang anak sukai, lalu kembangkan bakat anak tersebut. Superparents bisa mengajak mereka berdiskusi kegiatan apa yang ingin mereka lakukan, kemudian lakukan itu bersama. Jangan takut kalau mereka mau mencoba banyak hal ya, karena dari situlah Superparents bisa mengetahui bidang apa yang anak kuasai dan bisa dikembangkan.

 

  1. Gunakan firman Tuhan untuk menyemangati anak

Temukan ayat-ayat Alkitab yang bisa menyemangati anak dan memotivasinya untuk terus mengembangkan bakatnya. Superparents bisa mencetak atau menuliskannya di kartu yang agak besar, lalu menempelkannya di dinding kamar anak agar mereka bisa melihat dan mengingatnya. Ingatkan mereka bahwa mereka selalu dikasihi oleh Tuhan.

 Baca juga : INI LHO FAKTOR YANG MEMBUAT ANAK STRES PADA MASA PANDEMI DAN CARA MENANGANINYA

  1. Doakan anak

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mendoakan mereka. Anak-anak terkadang mengalami kesulitan. Doa bisa membantunya melewati kesulitan di masa kanak-kanaknya dan membantu mereka menjadi lebih percaya diri untuk mempergunakan talenta yang dimilikinya.

Sekarang giliran Superparents untuk mengetahui dan mengembangkan potensi, bakat, atau talenta yang anak Anda miliki. Nah untuk membantu Superparents semua, Superbook punya acara yang keren banget untuk anak-anak lho! Namanya Webinar Kembangkan Potensimu! Melalui pelatihan secara online ini, anak-anak bisa mengembangkan talentanya dalam 3 bidang sekaligus, yaitu public speaking, music production, dan video production. Semua skill ini dibutuhkan dalam era digital ini karena hanya orang-orang kreatiflah yang nantinya akan bertahan menghadapi arus perkembangan teknologi. Ayo segera daftarkan anak Superparents ke link di bawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK