ARTICLE

Thu - Jul 08, 2021 / 693 / Sunday School

Ayat Alkitab yang Menguatkan Anak Agar Mampu Menggapai Masa Depan Gemilang

Anak yang punya impian dan cita-cita yang didukung oleh orang tua maupun lingkungan sekitarnya, berpotensi punya masa depan yang lebih baik daripada yang tidak. Bagi anak, mereka membutuhkan motivasi dan arahan yang baik di masa kecilnya agar mereka bisa mempersiapkan masa depannya. Apakah kakak pernah memberikan dorongan dan dukungan kepada anak-anak sekolah minggu sesuai dengan firman Tuhan?

Nah Superbook mau membantu kakak nih untuk menjadi salah satu support system anak dalam mempersiapkan masa depan mereka. Kakak juga bisa bekerja sama dengan orang tua agar hasilnya bisa lebih powerfull lagi. Kakak bisa memulainya dengan mengajarkan firman Tuhan yang mampu membuat anak tidak ragu-ragu dan berani membangun impian anak.

Baca juga : INILAH ALASAN KENAPA YESUS DISEBUT SEBAGAI ANAK MANUSIA DAN ANAK ALLAH DI ALKITAB

  1. 1 Korintus 13:1-3 – Dasarkan impian dengan Kasih

Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Sebagai orang percaya, KASIH adalah nilai utama yang Tuhan Yesus ajarkan kepada kita. Ayat ini bisa menolong anak untuk memeriksa motivasi mereka dalam meraih impian dan masa depan mereka. Saat mereka ingin menjadi sukses, mereka harus ingat bahwa kesuksesan tersebut harus didasarkan pada kasih. Bukan untuk pamer atau kepuasan daging semata.

 

  1. Amsal 3:5-6 – Menyerahkan cita-cita atau impian anak pada Tuhan

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Kadang manusia secara tidak sadar suka mengandalkan kekuatan dan pemikirannya sendiri. Tidak menyerahkan hidupnya pada Tuhan. Ajarkan anak sedari dini untuk menyerahkan hidup dan segala rencananya kepada Tuhan, karena Dialah satu-satunya pribadi yang paling tahu jalan terbaik bagi kita.

 Baca juga : PERMAINAN UNTUK SEKOLAH MINGGU YANG MENGAJAK ANAK MENJADI BERANI

  1. Matius 6:31-34 – Jangan kuatir dan tetap mengendalikan diri

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Saat anak takut akan masa depannya, kakak bisa menguatkannya dengan ayat ini. Mereka tidak perlu kuatir. Tapi mereka juga harus ingat untuk mengendalikan diri. Manusia akan terus merasa tidak cukup. Oleh karena itu, penting bagi anak juga belajar untuk bersyukur.

 

  1. Amsal 19:20-21 – Belajar sebanyak-banyaknya

Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan. Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.”

Ajaklah anak untuk belajar sebanyak-banyaknya, bukan hanya secara akademis, tapi belajar dari kehidupan juga. Tapi mereka juga jangan sombong dan merasa tahu segalanya. Rendah hatilah dan berlaku sesuai firman Tuhan.

 Baca juga : 7 KIAT KREATIF BAGI GURU SEKOLAH MINGGU AGAR IBADAH ONLINE SEMAKIN MENARIK DAN BERDAMPAK

  1. Matius 7:7-11 – Bawa impian anak dalam doa karena Tuhan tahu yang terbaik untuknya

'Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.'

Dia pencipta alam semesta. Dia maha tahu, Dia mengenal kita luar dalam, bahkan untuk hal-hal yang kita belum kenal sekalipun. Karena itu, Dia pasti tahu apa yang terbaik untuk kita dan Dia akan memberikannya kepada kita oleh karena kasih-Nya yang begitu besar.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK